Kapolda Sulut : Seleksi CPNS Polri Diawasi Secara Ketat

Tribratanews.polri.go.id – Manado. Animo peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Polri Tahun Anggaran 2018 di Sulawesi Utara (Sulut) mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Animo peserta pada tahun 2017 sebanyak 45 orang dan yang melakukan verifikasi 21 orang. Sedangkan pada tahun 2018 ini, animo peserta seleksi sebanyak 81 orang dan yang melakukan verifikasi di Polda Sulut 56 orang,” jelas Kapolda Sulut saat penandatanganan pakta integritas, di ruang Tribrata Mapolda, Rabu (24/10).

 Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sulut menekankan kepada peserta yang lolos seleksi awal penerimaan CPNS Polri Tahun Anggaran 2018, agar tidak main “belakang”.

“Jangan menggunakan sponsor atau koneksi dengan cara menghubungi lewat telepon atau surat kepada panitia atau pejabat yang berwenang melalui orang tua, wali, keluarga atau pihak lain, karena akan didiskualifikasi,” tegas Kapolda Sulut.

Kapolda Sulut mengatakan, CPNS Polri merupakan bagian dari fungsi penyediaan personel Polri yang dilakukan melalui berbagai tahapan seleksi untuk mendapatkan CPNS Polri yang berkualitas. Oleh karena itu, seleksi harus dilaksanakan dengan mengedepankan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis).

Ada beberapa tahap seleksi yang harus dilalui para peserta, mulai pemeriksaan administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), pemeriksaan kesehatan, pemetaan psikologi, pemetaan kesamaptaan jasmani, serta penelusuran mental dan kepribadian.

“Jadi seluruh panitia menyadari tanggungjawabnya dalam melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk para peserta, jangan percaya pada janji dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang menjamin mampu meluluskan menjadi CPNS Polri dengan maksud meminta imbalan,” tutup Kapolda Sulut.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password