Potret Bhabinkamtibmas Peduli Lingkungan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Peran Bhabinkamtibmas di desa tidak terbatas pada soal menjaga keamanan saja, tapi lebih dari itu. Bhabinkamtibmas harus mampu berperan sebagai inisiator, mediator dan stabilisator. Dalam pelaksanaannya bisa bekerjasama dengan semua potensi masyarakat yang ada, baik 3 Pilar maupun kelompok dan komunitas masyarakat.

Sebagai Bhabinkamtibmas Desa Wonocoyo Kecamatan Pogalan, Aiptu Bagus Heri Prasetyo menerapkan pola pendekatan berbasis humanisme, artinya setiap hal yang dilakukan haruslah membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Ia selalu hadir dalam setiap kegiatan sosial di desa binaannya.

“Agar masyarakat merasakan kehadiran Polri setiap saat, dimana dan kapan saja”, ujar anggota Polsek Pogalan yang akrab disapa Heri ini.

Seperti yang ia lakukan pagi ini, Selasa (24/01). Bersama 3 Pilar dan warga Dusun Bendil Desa Wonocoyo Kecamatan Pogalan bergotong royong membenahi saluran air.

“Karena musim hujan, kadang air jadi meluap karena tersumbat sampah dan ranting pohon”, jelas Heri.

Selain merupakan kewajiban sebagai Bhabinkamtibmas, sambang desa dan berinteraksi dengan masyarakat merupakan sarana yang ia pakai untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat desa binaannya.

Heri menjelaskan bahwa upaya yang ia lakukan merupakan penjabaran dari program yang dicanangkan Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si yakni “Polisi Peduli Sesama” atau P2S yang didalamnya mencakup tentang kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Penulis : Ady
Editor : Handoko
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password