Ini Kesiapan Polda Maluku Hadapi Pesparani Nasional Ke I Tahun 2018

Tribratanews.polri.go.id, Polda Maluku – Dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat pada sebelum hingga sesuda pelaksanaan Pesparani nanti, Polda Maluku menggelar apel kesiapan pengamanan pelaksanaan Pesparani Nasional I Tahun 2018 yang dilaksanakan di Lapangan Apel SPN Polda Maluku Passo Ambon, Rabu (24/10/2018).

Bertindak sebagai Irup pada apel gelar Pasukan ini adalah Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa. M.M,. Hadir pada apel gelar ini Pangdam XVI/Pattimura, Waka Polda Maluku, Irwasda Maluku, Asisten satu Pemprov Maluku, perwakilan Tokoh Agama yang ada di kota Ambon, para pejabat utama Polda Maluku, perwakilan Basarnas Maluku, perwalilan panitian pelaksana Pesparani, para Pamen Polda Maluku dan Perwira yang mewakili kasatkernya masing-masing.

Untuk susunan pasukan pada apel gelar ini terdiri dari satu kompi gabungan Polwan Polda Maluku, satu kompi gabungan Propam dan POM TNI, satu kompi gabungan Personel TNI AD, AL dan AU, satu kompi gabungan Sat Brimob dan Dit Sabhara Polda Maluku, satu kompi gabungan Reserse dan Intelkam Polda maluku, satu kompi gabungan Pol. PP Pemprov Maluku, Basarnas dan Pemadam Kota Ambon.

Kapolda MalukuPada apel gelar pasukan ini Kapolda membacakan sambutan tertulisnya yang mengajak seluruh insan yang bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa agar mari kita tetap panjatkan puji syukur kita kepada Tuhan yang maha kuasa atas rahmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dalam apel gelar pasukan ini, saat ini kita sedang berada pada masa persiapan pengamanan, pesparani merupakan aktivitas seni budaya dan kegiatan kerohanian umat katolik dalam bentuk pagelaran, lomba musik dan liturgi dengan tujuan mengembangkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman terhadap ibadah dan gerejani serta mendorong pengembangan seni budaya yang bernafaskan iman katolik sebagai salah satu wujud kekayaan multikulturalisme bangsa indonesia.

Penyelenggaraan pesparani tingkat nasional ke satu tahun 2018 di Provinsi Maluku akan menjadi keramaian umum bernuansa agama di wilayah kota Ambon di tempat yang menjadi pelaksanaan kegiatan seperti lomba paduan suara, seminar, munas dan pameran, hal ini tentunya akan menjadi perhatian masyarakat banyak, olehnya itu untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya potensi gangguan keamanan di kota Ambon menjelang pelaksanaan kegiatan maka Polda Maluku bersama seluruh perkuatannya akan menyelenggarakan operasi kepolisian dengan sandi Lonceng Siwalima 2018 yang akan dilaksanakan selama 11 hari terhitung mulai tanggal 24 oktober hingga 3 november mendatang yang melibatkan 1312 personel yang terdiri dari personel Polri yang didukung oleh personel TNI, Instansi terkait dan masyarakat umum.

Kapolda Maluku 1Operasi lonceng siwalima ini bersifat terbuka dalam bentuk operasi harkamtibmas dengan tujuan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat sehingga pelaksanaan pesparani di kota ambon dapat berlangsung dengan aman, damai dan lancar. Pada sambutan ini juga Kapolda memberikan penekanan kepada personel yang akan melaksanakan pengamanan agar selalu menggunakan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini dan jika harus dilakukan penegakan hukum maka laksanakanlah dengan profesional baik itu personel Polri, TNI maupun komponen personil pengamanan lainnya guna menjamin kelancaran kegiatan pesparani.

Diakhir sambutannya, Kapolda memberikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan operasi lonceng siwalima 2018, semoga pengabdian kita memberi manfaat yang nyata kepada masyarakat yang ada di kota ambon dapat dirasakan. (R34/Sw/Hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password