Polda Bengkulu Laksanakan Apel Gelar Perlengkapan Tanggap Bencana 2018

Tribratanes.polri.go.id- Bengkulu. Dalam upaya mencegah terjadinya bencana gempa tektonik dan tsunami, Polda Bengkulu menggelar apel gelar perlengkapan tanggap bencana Tahun 2018 di depan ruas jalan Polres Bengkulu. Selasa (23/10/18).

Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Drs. Coki Manurung, SH, M. Hum pimpin langsung apel dengan bertindak sebagai inspektur. Dari amanat yang disampaikan kapolda Bengkulu terhimpun 13 pointer penting yang harus dipedomani bersama, antara lain;
1. Gelar Perlengkapan memberikan gambaran tentang kesiapan polda Bengkulu dan instansi terkait dalam berkoordinasi dan bersinergi dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.
2. Menyamakan persepsi dan cara bertindak personil yang akan ditugaskan dalam penanggulangan bencana, serta mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan.
3. Rencana kerja Polda Bengkulu yang dilakukan secara berkelanjutan dan dimasukkan dalam rencana kerja pemerintah (RKP) tahunan baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.
4. Dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan personil yang ditugaskan dalam satgas tanggap bencana di provinsi Bengkulu.
5. Terintegrasinya seluruh stake holders serta seluruh instansi pada setiap pentahapan penanggulangan bencana.
6. Siapkan peralatan yang dimiliki semaksimal mungkin sehingga dapat mengcover jika terjadinya bencana.
7. Buatlah alat pemberitahuan (sirine) di kantor-kantor pemerintah dan swasta jika terjadi Operasi Raflesia (Operasi Saat Bencana), maka diperlukan CB (Cara Bertindak) yang tepat.
8. Tingkatkan modernisasi peralatan pendeteksi bencana maupun perbaikan peralatan-peralatan yang rusak dan hilang, serta tingkatkan anggaran bencana melalui legislatif.
9. Siapkan sarana-sarana yang dapat dilakukan secara insidentil untuk mengakomodasikan kepentingan masyarakat sesaat atau sesudah bencana.
10. Siapkan fasilitas-fasilitas penampungan seperti shelter baik dari anggaran APBN maupun CSR
11. Siapkan peralatan-peralatan perkantoran seperti genset, dapur umum, pompa air, obat-obatan tenda lapangan dan tenda-tenda kesatuan yang mulah digunakan dalam keadaan emergency.
12. Mari bersama memupuk soliditas agar tidak ada kesan bahwa pemerintah tidak siap jika terjadi bencana.
13. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME untuk selalu berdoa dan memohon agar dijauhkan dari bencana.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password