Kapolda Kalbar: Peran Santri Membangun Jiwa Generasi Muda yang Cerdas

tribratanews.polri.go.id – KALBAR. Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar), Irjen Pol. Drs. Didi Haryono, S.H., M.H., menjadi inspektur apel akbar Peringatan Hari Santri keempat di halaman Kantor Bupati Ketapang, Senin (22/10) kemarin. Pada kesempatan tersebut Kapolda Kalbar mengatakan, para santriwan dan santriwati memiliki peranan penting dalam membangun jiwa generasi muda yang cerdas dan berakhlak mulia. Mereka merupakan penerus bangsa, yang menjadikan instrumen reliigi sebagai dasar dan pola pikir yang akan diterapkan dan sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Maka santri adalah sebagai contoh di masyarakat nantinya. Para santri ini diharapkan bisa menjadi pelopor membangun karakter masyarakat,” ujar Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Drs. Didi Haryono, S.H., M.H.

Sementara itu, Jenderal Bintang Dua ini juga berpesan agar peran para santri perlu diwadahi dan ditingkatkan, untuk mengembangkan kemampuan dalam menopang karakter bangsa, khususnya di Ketapang.

“Kemampuan mereka menyesuaikan diri menghadapi tantangan globalisasi, juga harus mensinkronisasikan kewajiban agama dan tuntunan modernitas agama, (sehingga) diharapkan mampu untuk mengendalikan dan mengarahkan, menuntun, sehingga membawa manfaat bagi perubahan perubahan yang beradab,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Kalbar juga mengungkapkan rasa syukurnya atas situasi di Kalbar, termasuk Ketapang yang masih kondusif. Menurutnya, pengaruh kondisi kamtibmas adalah kunci dari pelaksanaan pembangunan nasional. Oleh karena itu, untuk membangun kondusifitas kamtibmas diperlukan kerja keras kita semua. Dukungan seluruh stakeholders, baik instansi pemerintah daerah, instansi terkait, dan seluruh komponem masyarakat, termasuk di dalamnya pondok-pondok pesantren sangat diperlukan.

VI/RD/RP

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password