Pola 5-8 Efektif Berantas Kejahatan Kriminal di Manado

tribratanews.polri.go.id – MANADO. Kapolresta Manado, Kombes Pol. FX. Surya Kumara, S.H., menerapkan terobosan baru terkait penerapan Patroli Sabhara yang menggunakan pola 5-8 atau lima hari kerja selama 8 jam. Pola tersebut diharapkan dapat menekan angka kriminalitas di Kota Manado khusunya pesta miras dan senjata tajam.

“Itu saya bagi menjadi enam shift, dua regu. Namun pada hari Senin, Selasa, Rabu, delapan jam hanya satu shift yang bergerak. Jadi satu harinya tiga shift. Cara ini sangat bagus untuk menekan pesta miras dan sajam,” pungkasnya.

Mantan Kapolres Minahasa Selatan ini juga mengatakan, pola 5-8 juga sangat efektif untuk para personelnya. Selain itu, pola ini juga membuat kepercayaan (trust) publik atau masyarakat terhadap Polri, khususnya Polresta Manado meningkat karena sigap mencegah dan menindak pelanggaran.

“Dengan begitu, bikin trust masyarakat tinggi ke kita dan kita kalau denger ada gerombolan minum-minum, langsung ditangani,” tuturnya.

Sementara itu, Polresta Manado juga sudah mengusulkan kepada pihak terkait, seperti pemerintah daerah (pemda), BNN, dan Kejaksaan soal sanski bagi mereka yang mengonsumsi minuman keras.

Kombes Pol. FX. Surya Kumara, S.H., menjelaskan, ini merupakan program unggulan Patroli Sabhara Polresta Manado dan penjabaran dari Perkabarhakam Nomor 1 Tahun 2017 tentang Patroli di antaranya mengenai pembagian shift, regu, dan pola.

Penerapan pola 5-8 tersebut sudah berlangsung di Polresta Manado sejak Maret 2018 yang dilaunching langsung oleh Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabarharkam) Mabes Polri.

VI/RD/RP

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password