POLISI GADUNGAN JOGJA : Rampas Handphone dan Uang Milik Korban

tribratanews.polri.go.id JOGJA – Petugas Sat Reskrim Polres Sleman berhasil menangkap 2 tersangka pelaku penipuan dengan kekerasan yang terjadi di Jl Ringroad Barat Trihanggo Gamping Sleman.

Pelaku BSA dan AS ditangkap setelah melakukan aksinya dengan mengaku sebagai anggota Kepolisian yang sedang melaksanakan tugas.

Kejadian berawal saat korban Bambang Gunarto dan saksi Yoga hendak pulang kerumah setelah selesai dari pergi mencari makan dengan mengendarai sepeda motor berboncengan, Minggu (25/01/2016). Saat melintas di Jl. Ringroad Barat tiba-tiba korban dihentikan oleh 2 orang laki-laki tak dikenal yang mengaku sebagai anggota Reserse Kriminal.

Dengan dalih sedang menjalankan tugas patroli dan razia klitih para pelaku ditanyai dengan nada paksa “Kowe wong klitih bukan? Berhenti dulu, mana surat-surat kendaraannya. Sini kami geledah!!”, ucap Kasat Reskrim AKP Sepuh saat mengulang kata-kata pelaku dihadapan para wartawan, Selasa (24/01/2017).

Terlihat ketakutan para pelaku memanfaatkan kesempatan tersebut dengan meminta dompet dan handphone milik korban dan saksi. Pelaku sempat meminta saksi untuk membuka kunci layar handphone sambil memukul saksi dengan menggunakan tangan kosong mengenai pipi bagian kiri.

Agar terlihat meyakinkan para pelaku kemudian mengajak saksi dan korban menuju ke Polres Sleman dengan berkendara beriringan dengan posisi korban dan saksi didepan sedangkan para pelaku dibelakang.

Sesampainya di Jl. Selokan dekat West Lake pelaku mengembalikan STNK sepeda motor dan KTP milik korban dan melanjutkan perjalanannya. Namun tak disangka saat diperjalanan kedua pelaku berbalik arah tanpa sepengetahuan korban. Tersadar dirinya telah tipu, korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polres Sleman.

Mendapati informasi yang diperoleh dari korban, petugas kemudian mencari identitas pelaku dan melakukan pengejaran. Kedua pelaku BSA alias Banu akhirnya berhasil ditangkap dirumahnya pada hari Rabu (18/01/2017) di Banyuradeng Gamping. AS alias Dewa ditangkap pada hari yang sama di sekitar Taman Gabusan Sewon Bantul.

Dari penggeledehan oleh pelaku didapat barang bukti berupa sebuah satu buah handphone, sedangkan uang hasil curian telah habis dipakai untuk keperluan sehari-hari. Petugas juga mengamankan kendaraan Yamaha Xeon yang digunakan oleh pelaku untuk melancarkan aksinya.

“Korban mengaku percaya para pelaku adalah polisi dengan melihat dari postur tubuhnya”, tambahnya.

Para pelaku saat ini diamankan di Mapolres Sleman dan diancam pasal 365 KUHP tentang tindak pencurian dengan kekerasan dengan ancaman pidana 9 tahun penjara.

Menurut informasi yang didapat AS alias Dewa merupakan residivis kasus narkoba diwilayah Bantul. Tak hanya itu saja dia juga pernah ditangkap lantaran pernah melakukan aksi pencurian di beberapa tempat.

penulis : kRzresSLM
editor : Kang Iqbal
publis : jay

Admin Polri56695 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password