Polres Metro Berhasil Gagalkan Perederan Uang Palsu Senilai Rp. 1 Miliar

Tribratanews.polri.go.id – Bekasi Kota. Polres Metro Bekasi Kota berhasil mengamankan dua pelaku penipuan uang palsu setelah polisi menyamar sebagai pembeli di Bundaran Tol JORR, Jalan Wibawa Mukti 1, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi pada Rabu (17/10/2018).

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Jairus Saragih mengatakan, penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat yang menyebutkan bahwa di tempat kejadian perkara kerap ada penipuan uang palsu.

“Warga menginformasikan ada orang yang menawarkan uang Rp 1 miliar dengan harga Rp 500 juta. Polisi pun melakukan penyelidikan dengan menyamar sebagai pembeli. Saat bertemu pelaku di TKP, polisi yang menyamar sebagai pembeli itu melakukan transaksi di dalam mobil. Pelaku kemudian menunjukkan satu lembar uang pecahan Rp 100.000 asli agar pembeli percaya bahwa uang lain yang ada di dalam tas itu juga uang asli,” jelas Kasat Reskrim.

Pelaku menjual uang Rp 1 miliar dalam tas itu seharga Rp 500 juta. Pembeli pun langsung membeli uang sebesar Rp 1 miliar tersebut kemudian pelaku bergegas pergi. Saat itulah polisi yang menyamar sebagai pembeli menangkap pelaku.

“Kita langsung kejar dan kita tangkap mereka. Benar mereka bawa ada beberapa orang membawa uang palsu itu. Dua pelaku langsung kami tangkap satu pelaku kabur,” jelasnya. Perbuatan melanggar hukum tersebut membuat para pelaku dijerat Pasal 378 KUHP tentang Tindak Pidana Penipuan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password