Polda Banten Lakukan Sosialisasi Bahaya Penyebaran Berita Hoax Melalui Radio

Tribratanews.polri.go.id – Serang. Kepolisian Daerah Banten selalu berusaha untuk mengajak masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial dan antisipasi berita tidak benar (Hoax). Kali ini Kasubdit 2 Ditkrimsus Polda Banten AKBP Bhudi Batara melakukan Talk show yang dilaksanakan di Radio PBS 104.8 FM, Kamis (18/10/18).
Turut hadir mendampingi Kasubdit 2 Ditkrimsus dalam melakukan Talk Show yaitu AKP Patoni. S.IKom dan BRIGADIR Okto Fazar Nugraha.

Dalam Talk Show tersebut Kasubdit 2 Ditkrimsus Polda Banten menjelaskan kepada masyarakat bahwa Media sosial semestinya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan menyebarkan konten-konten positif. Sayangnya, beberapa pihak memanfaatkannya untuk menyebarkan informasi yang mengandung konten negatif. Saat ini Kepolisian Republik Indonesia bereaksi terhadap maraknya penyebaran isu atau berita bohong melalui media sosial. Berita hoax itu dinilai sering meresahkan masyarakat, tapi banyak yang menyebarluaskannya.
“Bagi yang suka mengirimkan kabar bohong (hoax), atau bahkan cuma sekadar iseng mendistribusikan (forward), harap berhati-hati. Ancamannya tidak main-main, bisa kena pidana penjara enam tahun dan denda Rp 1 miliar. Untuk itu menghimbau kepada masyarakat mulai sekarang setiap orang harus berhati-hati dalam menyebarkan pesan berantai lewat perangkat elektronik. Yang sering share berita yang belum tentu kebenaran, disadari atau tidak, juga bisa kena karena dianggap turut mendistribusikan kabar bohong, Apabila masyarakat mendapat pesan berantai yang belum tentu kebenaran di sharing dahulu sebelum dishare, agar tak sembarang menyebarkannya,” ungkap Kasubdit 2 Ditkrimsus Polda Banten.
(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password