Polda Jawa Timur Berhasil Ungkap Kasus Penipuan Penggandaan Uang di Pasuruan

Tribratanews.polri.go.id. – Pasuruan. Kepolisian berhasil ungkap penipuan penggandaan uang seperti yang pernah dilakukan oleh Dimas Kanjeng Taat Pribadi beberapa waktu lalu. Dalam hal ini, Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim berhasil menangkap seorang pemuda asal Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada awal pekan lalu setelah terbukti melakukan praktik penggandaan uang.

jatim4

Berdasarkan catatan Kepolisian, FA yang baru berusia 22 tahun ini telah menipu 4 korban, yaitu seorang Kepala Desa di Pasuruan dengan nilai kerugian Rp 445 juta, dua warga Sidoarjo masing-masing kerugian Rp 15 juta dan Rp 22,5 juta, serta pegawai swasta warga Pasuruan dengan nilai kerugian Rp 28 juta.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Leonard Sinambela mengatakan, modus penipuan hampir mirip seperti yang dilakukan oleh narapidana kasus dugaan penipuan dan penggelapan asal Probolinggo, Dimas Kanjeng. Metode penggandaan uang yang dilakukan FA, yaitu dengan melakukan penipuan menggunakan uang palsu.

Dalam praktiknya, pemuda yang biasa mengobati orang sakit ini juga mewajibkan korbannya membeli bahan pendukung ritual seperti minyak dan daun seharga Rp 13 juta sampai Rp 20 juta. “Salah satu pengakuan korban kepada polisi, korban merasa seperti dihipnotis agar menuruti semua perintah pelaku,” ucap Kasubdit III Jatanras Polda Jatim. Selain mengamankan uang palsu, Polisi juga mengamankan beragam barang bukti alat-alat perdukunan dan harta pelaku yang diduga dibeli dari hasil menipu.
(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password