Begini Paparan Irwasum Polri Saat Rakor Anev Satgas Saber Pungli

Tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Irwasum Polri, Komjen Pol. Drs. Putut Eko Bayuseno, S.H., memberikan pemaparan Rakor Anev Satgas Saber Pungli di Gedung Sasana Pradana Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (17/10) pukul 09.00 WIB.

Acara ini dihadiri oleh Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Wakil Ketua Muhammad Yusni, S.H., M.H., Sekretaris Dr. Drs. Widiyanto Poesoko, S.H., M.Si., Kepala Sekretariat Satgas Saber Pungli Mayjen TNI Rudiyanto serta para kelompok ahli dan Ketua Pokja Satgas Saber Pungli.

Dalam paparannya, Jenderal Bintang Tiga yang juga selaku Ketua Pelaksanaan Satgas Saber Pungli menjelaskan bahwa dalam periode 20 Oktober 2016 sampai 15 Oktober 2018 total aduan masyarakat sebanyak 36.331. Sementara itu, hasil OTT (operasi tangkap tangan) yang signifikan terjadi di Provinsi Jawa Barat sebanyak 3.508 kasus. Sedangkan posisi kedua ditempati DKI Jakarta dengan hasil OTT sebanyak 759 kasus dan posisi ketiga diduduki Sumatera Utara dengan 969 kasus OTT.Menanggapi hal tersebut perlu adanya upaya tindak lanjut oleh Satgas Saber Pungli, di antaranya:

  1. Kelola dan temukan solusi terbaik dalam menghadapi pengaduan masyarakat.
  2.  Saber pungli sudah menjadi harapan masyarakat dalam perbaikan “fungsi pelayanan” karenanya optimalkan terus kinerja satgas saber pungli melalui peningkatan prestasi dan terobosan kreatif yang positif.
  3. Latihkan terus mekanisme kerja satgas saber pungli agar tidak terjadi ego sektoral antara bidang administrasi dan operasional.
  4. Datakan dan analisa terus laporan pengaduan masyarakat dengan mengambil langkah – langkah yang tepat sehingga masyarakat terlayani yang menjadikan aspek pelayanan publik meningkat.
  5. Sosialisasikan terus call center upp saber pungli, agar masyarakat paham dan mengerti tentang saluran pengaduan pungli agar dapat ditindaklanjuti oleh petugas yang berwenang.P
  6. Perhatikan pengamanan internal terhadap “penyimpangan petugas dilapangan” sehingga tidak terjadi kontra produktif dengan visi dan misi satgas saber pungli.
  7. Lakukan koordinasi data kesinambungan terkait dukungan anggaran dan pertanggung jawaban sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.
  8. Lakukan kerjasama yang baik bersama elemen masyarakat dalam rangka pemberantasan pungli terutama kebiasaan – kebiasaan negatif yang terjadi di
    masyarakat.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password