Kasus Dugaan Hoaks Hantu di Kolam Renang, Ditreskrimsus Polda Bengkulu Panggil 6 Saksi

Tribratanews.polri.go.id- Bengkulu. Maraknya perisitiwa berita palsu atau hoaks memang masih saja banyak beredar ditengah-tengah masyarakat Indonesia. Salah satunya beredar di tengah-tengah masyarakat Bengkulu.

Polda Bengkulu sampai saat ini masih mendalami laporan perkara penyebaran video hoaks yaitu adanya penampakan sebuah tangan yang dikatakan tangan makhluk halus di kolam renang Hamtian di Kota Bengkulu.

Dalam hal ini, Ditreskrimsus Polda Bengkulu masih terus mendalami kasus tersebut, Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Bengkulu mengungkapkan bahwa kasus dugaan penyebaran hoaks ini sudah dalam proses. “Ya untuk kasus ini sudah ada enam orang yang kita periksa, baik si pengunggah video itu atau pemilik akun medial sosial (medsos) tersebut, serta lima orang lainnya yang diduga penyebar video yang sempat membuat heboh masyarakat itu,” ungkap Kasubdit Cyber Crime.

Diketahui sebelumnya bahwa kasus ini muncul setelah video tersebut tersebar di media sosial yang membuat pemilik kolam renang Hamtian yakni YO, mendatangi Polda Bengkulu untuk mengadukan dan melaporkan perihal video tersebut. Pemilik kolam renang tersebut mengatakan bahwa hal ini dipastikan bisa merugikan usahannya karena diduga mengandung berita bohong.

Kasubdit Cyber Crime mencoba menjelaskan bahwa untuk hukuman yang berlaku dan pasal yang dapat digunakan dalam kasus tersebut. Bagi pengedar ataupun yang menjadi pengunggah terancam pasal 14 ayat 1 dan 2 dan pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 Tetang Hukum Pidana Jo UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE,” tutur Kasubdit Cyber Crime.

(rz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password