Polisi Berhasil Ungkap Penjualan Tembakau Gorilla via Instagram

Tribratanews.polri.go.idKarawang. Kasus peredaran tembakau gorilla kembali muncul di Kabupaten Karawang. Kali ini, tembakau sintetis yang digolongkan ke dalam jenis narkoba kelas satu itu diedarkan secara daring melalui Instagram.

“Kami telah menangkap 14 pengedar narkoba. Tujuh pengedar tembakau gorilla, dan tujuh lainnya pengedar sabu,” ujar Kepala Satnarkoba, Ajun Komisaris Polisi Agus Susanto, dalam ekspos penangkapan pengedar tembakau gorilla di Mapolres Karawang, Senin (15/10/18).

Menurutnya, tembakau gorilla menjadi berbahaya karena di dalamnya ada campuran cairan ganja sintetis. Dia menyebut tujuh pengedar tembakau gorila yang berhasil ditangkap oleh petugas yakni Chrysanda Pamungkas (23), Rizky Surya Dermawan (25), Frendi Aji Pengestu (25), Sarman (25), Himawan Rizky Hardianti (25), Kevin Muhammad Fajar (25), dan Afrijal Saeful (25).

“Para pengedara tembakau gorila ini membeli barang haram dari Jakarta,” kata AKP Agus Susanto.

Kasat Narkoba Polres Karawang kemudian mengatakan para pelaku menjual tembakau tersebut dengan berbagai ukuran ke sejumlah tempat di Karawang. Ada juga yang menawarkan barang haram itu melalui Media Sosial.

Di tempat yang sama Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya, mengatakan barang bukti tembaku gorila yang disita mencapai 32 paket dengan berat 127 gram.

“Modus sindikat ini, menjual bungkusan paket kecil siap edar, dimasukkan ke bungkus rokok,” kata Kapolres Karawang.
Kapolres menegaskan, Rizky dan komplotannyaa terancam hukuman penjara 15 tahun penjara.

“Mereka dijerat Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkoba dengan hukuman maksimal penjara 15 tahun,” katanya.

Menurutnya, pihaknya sedang bekoordinasi dengan Polda Metro untuk melacak distributor tembakau gorila ke Karawang. Sebab, dari hasil pemeriksaan sementara terhadap tersangka, mereka memesan tembakau gorila dari sindikat di Jakarta.

(ym/sw/hy)

Admin Polri54013 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password