Psikolog dari Polda Jatim Diterjunkan untuk Mendampingi Korban Gempa di Sumenep

Tribratanews,polri.go.id. – Sumenep. Guna meringankan beban moral, serta kesedihan yang dialami para korban bencana gempa wilayah Jawa Timur, sejumlah psikolog dari Polda Jawa Timur melakukan kegiatan Psycholgical First Aid (PFA). Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Sabtu (13/10) hingga Senin (15/10). Ini merupakan pendampingan psikologis dan trauma healing terhadap korban gempa di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep.

Kegiatan PFA dilaksanakan di Posko Bencana Gempa Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi Kabupaten Sumenep. Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 07.30 WIB hingga selesai. “Saat ini, tim (psikolog) sudah melakukan observasi secara umum. Tim juga sudah mengidentifikasi masalah psikis para korban. Tim juga sudah melakukan terapi bermain untuk anak-anak korban gempa,” ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol. Frans Barung Mangera.

sumenep

Untuk diketahui, gempa berkekuatan magnitudo 6,4 SR telah mengakibatkan 498 bangunan di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep rusak. Kerusakan bangunan ini terjadi di Kecamatan Gayam sebanyak 427 bangunan dan sisanya 71 bangunan di Kecamatan Nonggunong, Pulau Sapudi. Jumlah total kerusakan bangunan terdiri rumah, tempat ibadah dan bangunan sekolah. Gempa juga mengakibatkan 3 orang meninggal dunia, 34 mengalami luka-luka dan 1 orang mengalami patah tulang.

Selain itu, tim juga melakukan psikoedukasi terhadap ibu-ibu korban gempa bumi yang melanda Sapudi pada Kamis (12/10/2018) dini hari, pukul 01.46 WIB lalu. Tim yang beranggotakan sembilan polisi ini melakukan konseling individual bagi korban yang mengalami gangguan stress pasca trauma.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password