Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Modus Menyebarkan Cek dan SIUP Palsu

Tribratanews.polri.go.id – Tangerang Kota. Polres Metro Tangerang Kota berhasil meringkus lima pelaku penipuan modus menyebarkan cek dan Surat Izin Usaha Pedagangan (SIUP) palsu. Pengungkapan tersebut disampaikan oleh Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Harry Kurniawan, pada Kamis (11/10/2018).

Modus pelaku kejahatan ini yang kerap membuat korbannya kebingungan itu, karena dokumen palsu itu dimasukkan ke dalam amplop yang ditaruh di suatu tempat umum dan seolah-olah dokumen yang tertinggal pemiliknya.

Polres Metro Tangerang Kota berhasil membekuk kelima pelaku saat dua korban melapor ke Polres Metro Tangerang Kota. Korban pertama merugi sampai Rp10 juta lebih, sementara korban kedua masih dihitung kerugiannya, lantaran sudah sering mentransfer lebih dari sekali.

“Setelah ditanya mengapa para korban ini tertipu, ternyata mereka menemukan amplop cokelat berisi cek palsu yang bertulis nominal Rp1 sampai Rp4 miliar, kemudian SIUP palsu dan nomor telepon,” kata Kapolres Metro Tangerang Kota.

Kapolres menuturkan kelima pelaku yakni, Amirullah (34 tahun), Ahmad Nugraha (23 tahun), Andi Suryanto (42 tahun), Hermansyah (26 tahun), dan Saenal (27 tahun), sudah beraksi selama empat tahun.

Amirullah yang pernah menjadi residivis dalam kasus serupa ternyata tidak berubah setelah menjalani masa hukumannya. “Baru bebas, dia malah jadi otak aksi yang lebih canggih lagi,” imbuh Kapolres.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password