Longsor, Putus Jalur Utama dua Kecamatan di Kabupaten Brebes

24 longsor
Tribratanewspolri.go.id – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sepanjang Minggu, 22 Januari 2017 malam, menyebabkan sejumlah lokasi diantara Kecamatan Salem dan Banjarharjo, diterjang longsor dan banjir. Longsor memutus akses jalan utama yang menghubungkan kedua wilayah tersebut.

Titik longsor yang memutuskan jalan provinsi tersebut berada di antaranya Desa Sindanghela, Kecamatan Banjarharjo. Badan jalan longsor sepanjang sekitar lima meter dan hanya menyisakan lebar jalan sekitar satu meter. Akibatnya, jalan tak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Seorang warga Desa Sindanghela, Komar Irawan (24) mengatakan, badan jalan longsor pada Minggu 22 Januari 2017 sekitar pukul ‎15.30 WIB saat turun hujan lebat. “Jalan mengalami longsor di dua titik,” katanya, Senin (22/1/2017).

Menurut Komar, jalan yang mengalami longsor merupakan akses jalan utama penghubung Banjarharjo-Salem dan baru sekitar satu bulan lalu selesai diaspal. Kondisi tanah yang labil membuat ruas jalan tersebut rawan longsor saat diguyur hujan deras.

“Ini sudah yang kedua kalinya jalan mengalami longsor. Kendaraan roda empat tidak bisa lewat sama sekali. Roda dua masih bisa melintas tapi harus hati-hati,” ujarnya.

Kepala Kepolisian Sektor Banjarharjo Ajun Komisaris Polisi Kamal Hasan mengatakan bahwa telah terjadi longsor di 2 titik yang cukup parah diwilayah jalur yang menghubungkan Banjarharjo dengan Salem. Sementara terdapat 1 titik lagi diakibatkan tebing yang longsor, diharapkan sore ini sudah bisa dilalui karena sudah didatangkan alat berat. ” Untuk ke dua titik yang cukup parah jalan hanya tersisa separuh, karena yang setengah lagi terkikis oleh longsor jadi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk perbaikan,” ujar Kamal

Sementara itu Kasat Lantas Polres Brebes Ajun Komisaris Polisi Arfan Zulkan S. Bersama anggota memasang Rambu peringatan di sepanjang area yang terkena longsor. “kita sudah lakukan koordinasi dengan Instansi lain untuk penanggulangan dan pengalihan arus terkait bencana ini,” ujar Arfan. (Hms Res BBS)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password