Polri : Kabar 100 Bayi Korban Gempa Ada di Penampungan Adalah Hoaks

Tribratanews.polri.go.id – Makassar. Belum lama ini beredar informasi yang mengabarkan ada 100 bayi korban gempa di Palu yang berada di tempat penampungan di Antang, Makassar, Sulawesi Selatan. Kabar tersebut tersebar melalui media sosial Facebook dalam grup jual-beli online yang di-post oleh salah satu anggota dari grup tersebut.

Unggahan itu juga mengatasnamakan “Ibu Ilmi” sebagai narahubung. Adapun pesan tersebut berbunyi : “Assalamualaikum…siapa tahu ada keluarga yang mau adopsi anak dari Palu, ada 100 lebih anak bayi di tempat penampungan di Antang, korban gempa Palu yang sudah tidak ada orangtuaya. Ibu Ilmi 081343538888,” tulis si pengunggah. Informasi ini beredar setelah peristiwa gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/18) lalu.

Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., menyampaikan, informasi tentang bayi korban di tempat penampungan di Antang, Makassar merupakan kabar hoaks.

“Dari hasil patroli cyber setelah diklarifikasi dan konfirmasi ternyata tidak ada,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, pada Senin (8/10/2018).

Menurut Karo Penmas Divhumas Polri, pelaku menyebarkan informasi hoaks tersebut dengan tujuan membuat gaduh di media sosial.

“Ada tiga motif penyebar hoaks yakni ingin membuat ramai atau gaduh di media sosial, iseng atau ikut-ikutan, dan cari sensasi,” ujar nya.

Hingga saat ini, unggahan tersebut telah dihapus dari akun jual-beli online sehingga pemberitaan tersebut tidak semakin tersebar.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password