Polisi Kirim Bantuan Kemanusiaan via Laut

Tribratanews.polri.go.id – Samarinda. Pasca gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, masih banyak bantuan berdatangan dari berbagai pihak. Tak terkecuali dari pihak kepolisian.

Polisi mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa kebutuhan sandang dan pangan yang dikirim melalui jalur laut.

Para perwira polisi yang tergabung dalam Ikatama ’95 atau Akpol angkatan ’95 Yng bertugas di seluruh Indonesia mengumpulkan iuran serta bantuan untuk korban gempa Sulteng mulai dari hari pertama terjadinya gempa dan tsunami.

Hasilnya, terkumpul sebanyak 22 kontainer berisi beras, biskuit, susu formula, makanan kaleng dan peralatan dapur dari Polri dan Bhayangkari tiba di Pelabuhan Palu, Sulawesi Tengah, Kamis pagi (04/10). Kemudian Sabtu (6/10), bantuan kembali dikirim oleh Ikatama ’95.

“Bantuannya berupa sembako, selimut, makanan bayi, pembalut wanita, handuk dan kebutuhan lainnya. Dikirim dari Samarinda (sebanyak) satu kapal pinisi,” kata salah seorang perwira menengah Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, AKBP Ma’mun, S.I.K., yang mengkoordinir penggalangan bantuan dari Ikatama ’95.
Capture
AKBP Ma’mun, S.I.K., menuturkan pengiriman bantuan logistik itu dikoordinir oleh Kapolres Samarinda, Kombes Pol. Vendra Revinato. Angkutan kapal laut menjadi pilihan karena dinilai lebih efektif dibanding mengirim bantuan menggunakan truk.

“(Yang mengkoordinasi pengiriman bantuan) Kapolresta Samarinda. Kalau pakai kendaraan nanti kelewat banyak truknya, jadi pilihan terbaiknya pakai kapal laut saja. Kan ada pelayaran langsung dari Samarinda,” ujar perwira menengah yang bertugas di Biro Wasidik Bareskrim Polri ini.

Diperkirakan bantuan tersebut tiba hari ini, Minggu (7/10). Bantuan akan dititipkan kepada Kasat Brimob Polda Sulteng Kombes Guruh Arief untuk didistribusikan kepada korban bencana alam.

“Nanti di terima di Palu oleh Kasat Brimob Polda Sulteng Kombes Pol. Guruh Arief dan disalurkan ke masyarakat Palu, juga masyarakat di daerah-daerah lain yang membutuhkan,” tutup AKPB Ma’mun, S.I.K.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password