Deklarasi Damai Terbalut dalam Gelar Budaya Bingkai Kebhinekaan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Dewan Adat Dayak (DAD) Balangan mengelar kegiatan Gelar Budaya dalam Bingkai Kebhinekaan menyongsong Pemilu damai tahun 2019 dan Deklarasi Pemilu damai antar suku se Kabupaten Balangan, Kamis (04/10) pukul 09.00 wita

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Balangan, Wakil Ketua DPRD Balangan, Dandim 1001, Kapolres Balangan, Sekda Kab. Balangan, para pejabat di lingkungan Pemkab Balangan, perwakilan PT. Adaro Indonesia, perwakilan komunitas/suku di kab. Balangan dengan jumlah hadir keseluruhan sekitar 100 orang.

Kegiatan hari ini diisi dengan deklarasi antar Suku se Kabupaten Balangan, Do’a yang di pimpin oleh para pemuka Agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha, serta gelar pertunjukan budaya dari beberapa daerah penampilan kesenian tradisional (wayang orang, kuda lumping, tari adat).

Membuka kegiatan, Bupati Balangan H. Ansharuddin bersama Forkopimda, dalam kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi langkah DAD Balangan dalam mendukung kelancaran tahapan Pemilu 2019.

“Ini adalah langkah awal menuju Pemilu 2019 yang damai, seluruh elemen masyarakat bersinergi dalam bingkai kebhinekaan,” ucapnya.

Kapolda Kalsel  Irjen Yazid Fanani yang dalam hal ini diwakili Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK menegaskan kegiatan gelar budaya menjadi tanda bahwa bangsa Indonesia berdiri tegak atas keberagaman budaya, agama dan adat istiadat.

“Mari jaga keragaman budaya, agama dan adat istiadat ini menjadi kekuatan kita membentengi diri dari kerawanan yang mengintai kita jelang Pesta demokrasi, tetap kompak, jangan mudah untuk dihasut dari kelompok – kelompok lain,” paparnya .

Ditempat terpisah, ketua DAD Balangan bapak Mandan, menerangkan bahwa tujuan kegiatan ini tidak lain untuk menciptakan rasa saling menghargai perbedaan dan tetap satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar proses  Pemilu Legislatif dan Pilpres berjalan damai, aman dan lancar, tetap dalam bingkai Kebhinekaan, saling menghormati dan menghargai perbedaan dan tetap satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya. (La/Sw/Hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password