Kapolri Resmikan Polda Sulbar Bersama Ibu Bhayangkari

Tribratanews.polri.go.id – Mamuju . Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D bersama Ibu Ketua Umum Bhayangkari meresmikan Mapolda Sulawesi Barat di Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (4/10/2018). Kehadiran Kapolri beserta rombongan disambut dengan tarian khas provinsi Sulawesi Barat. Tak lupa, Kapolri dan Menpan RB memimpin doa bersama untuk para korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala.

Kemudian, sesuai dengan yang telah dijadwalkan, maka Kapolri, Menpan RB dan Ibu Ketum Bhayangkari melaksanakan penanaman pohon untuk penghijauan di Mapolda Sulbar dan mulainya acara peresmian pun ditandai dengan penayangan video profile Polda Sulbar.

Dalam peresmian tersebut Kapolri hadir didampingi Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum., Aslog Kapolri Komjen. Pol. Drs. Unggung Cahyono, Kadivpropam Polri Barigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, M.Si, dan Kadivkum Polri. Juga turut hadir Menpan RB, Komjen Pol (Purn) Drs. Syafruddin, M.Si; Gubernur Sulbar, Bapak Drs. H. Andi Ali Baal Masdar, M.Si. beserta Jajaran FORKOPIMDA Provinsi Sulbar; Mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin, Kasdam XIV/Hasanuddin, Brigjen TNI Budi Sulistijono, beserta Jajaran; Bapak H. Andi Maksum Dai (Raja Mamuju) dan Bapak H. Bau Arifin Malik (Raja Balanipa).

Secara khusus, Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Drs.Baharudin Djafar M.si menyampaikan ungkapan terima kasih dan kebanggaannya atas kehadiran dua petinggi negara yakni Kapolri dan Menpan RB karena berdirinya Polda Sulbar dan pembangunan Mapolda Sulbar tidak terlepas dari andil besar kedua petinggi tersebut.

Dalam sambutannya Gubernur Sulbar menyampaikan rasa terima kasih karena hadirnya Polda di Sulbar ini telah menyamai dengan provinsi lainnya agar pencapaian kesuksesan dalam pemilihan Gubernur 2017 dapat terulang kembali pada pelaksanaan Pilpres dan Pemilu tahun 2019. Semoga kerjasama dari seluruh instansi terkait dan netralitas dapat mewujudkan pemilu yang sejuk, aman dan damai.

Kapolri juga menyampaikan rasa kebanggaannya dapat berkunjung ke Sulbar karena pembangunan Polda ini sebagai pembentukan provinsi baru dan kita tetap harus bersiap untuk pengamanan Asian Para Games dan IMF World Bank, meskipun saat ini kita semua sedang berduka dengan musibah di Palu.

Tempat ini memiliki potensi yang luar biasa untuk berkembang dengan pesat bukan hanya bangunan Polda saja yang bagus namun jaminan keamanan, ketertiban dan kesehatan harus diberikan pelayanan yang terbaik apalagi mengingat tempat ini berada di atas bukit sehingga pembangunan gedung benar-bener di perhatikan agar anti gempa dan Tsunami serta diperlukannnya bangunan rumah sakit.

Kapolri juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Polda Sulbar telah menjadi tim pertama yang hadir membantu korban Palu dan sekitarnya, kepada Polda Sulsel dan Gorontalo atas kecepatannya membantu Korban Palu. Ia juga berpesan jika logistik datang mohon dikirimkan juga ke Donggala karena disana masih minim bantuan.

Selanjutnya, sambutan dari Menpan RB yang merupakan putra asli Sulbar. Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Kapolri yang telah membantu pembentukan Polda dan membuat bangunan yang sangat bagus. Marilah semua hilangkan musuh dan jadikan semuanya menjadi kawan.

Acara dilanjuti dengan penerimaan penghargaan dari Raja Mamuju kepada Kapolri dan Menpan RB serta Penandatanganan Prasasti oleh Kapolri didampingi oleh Menpan RB, Kapolda Sulbar, Pangdam, Gubernur dan Forkopimda.

Lalu penekanan tombol pembukaan selubung nama Polda oleh Kapolri dan Menpan RB serta Pengguntingan Pita oleh Ketum Bhayangkari sebagai puncak acara peresmian Kantor Mapolda Sulbar tersebut.

Usai peresmian, Kapolri didampingi Menpan RB, Kapolda Sulbar, Gubernur Sulbar dan para rombongan dari Mabes Polri, berkeliling mengecek satu persatu kondisi ruangan Polda Sulbar.

Setelah meresmikan Gedung baru Polda Sulbar, Kapolri Jendral Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D bersama Ibu Ketua Umum Bhayangkari melakukan kunjungan ke rumah sakit Bhayangkara Hoegeng Iman Santoso.

Bertepatan dengan kunjungan tersebut, pihak rumah sakit sedang menggelar baksos yaitu Sunatan Massal dan Sosialisasi kesehatan gigi kepada ribuan anak-anak usia dini di pelataran RS.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri dan Ibu Ketua Umum Bhayangkari meninjau ruangan-ruangan Rumah sakit serta menyempatkan diri untuk menjenguk korban gempa dan tsunami palu yang mendapatkan pelayan kesehatan serta operasi caesar di RS Bhayangkara. Pada kesempatan yang baik ini juga Kapolri mengucapkan selamat atas kelahiran bayi Bhayangkari Polda Sulteng di bangsal persalinan dan memotivasi korban gempa palu agar tetap berdoa dan berusaha.

(py/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password