Polda Metro Jaya Berhasil Tangkap Penipu Penjualan Tiket Penutupan Asian Games

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polda Metro Jaya berhasil menangkap seorang penipu pada saat closing ceremony Asian Games di daerah Jember, Jawa Timur, pada Rabu (03/10/2018). Pelaku bernama William Sanjaya (31 tahun) warga Tanjung Balai, Sumatera Utara.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono mengatakan, Wiliam ditangkap setelah menipu 23 orang yang hendak membeli tiket penutupan Asian Games 2018. Akibat penipuan itu, korban rugi Rp 53 juta. “Pelaku menawarkan dan menjual tiket closing ceremony Asian Games di akun Instagram dengan akun airasiafinal.id,” ujar Kabid Humas pada Kamis (4/10/2018).

Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan salah satu korban yakni Tiara Puspitasari, ke Polda Metro Jaya. Saat itu, korban sudah mentransfer sejumlah uang kepada pelaku untuk membeli tiket penutupan tersebut.

“Pada tanggal 1 September korban memesan tiket kepada pelaku di akun Instagram, setelah itu komunikasi dilanjutkan dengan melalui WhatsApp kemudian pelaku meminta korban untuk memberikan DP terlebih dahulu,” ujar Mantan Kabid Humas Polda Jatim tersebut.

Korban lantas mengirimkan uang muka tersebut kepada pelaku. Namun saat hari H, pelaku mendadak tidak bisa dihubungi dan tiket tidak kunjung dikirimkan sehingga membuat korban melapor ke Polda Metro Jaya.

“Pelaku saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahan di Polda Metro Jaya. Ia dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 28 ayat 1 jo Pasal 45A ayat 1 UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang ITE,” ujar Kabid Humas.

Dari penangkapan itu, Polda Metro menyita beberapa barang bukti dari pelaku, yakni dua buah ponsel, KTP milik pelaku, dan satu lembar struk pengiriman uang ke rekening pelaku.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password