Hari Kedua Uji Coba E – Tilang, Pelanggaran Lalu Lintas Mengalami Penurunan

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Pada hari pertama uji coba tilang secara elektronik atau Electronic Law Traffic Enforcement (E-LTE) di ruas jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (1/10) lalu, kamera CCTV dalam sistem tilang elektronik tersebut telah menangkap sebanyak 232 foto pelanggaran lalu lintas.

.

“Waktu terjadinya pelanggaran pukul 00.00-06.00 WIB sebanyak 6 pelanggaran, pukul 06.00-12.00 WIB sebanyak 43 pelanggaran, pukul 12.00-18.00 WIB sebanyak 48 pelanggaran dan pukul 18.00-00.00 WIB sebanyak 7 pelanggaran,” jelas Dirlantas Polda Metro Jaya.

.

Dirlantas Polda Metro Jaya juga mengatakan, pelanggar E-TLE terjadi di dua titik yang dipasangi kamera CCTV, yakni kawasan Patung Kuda dan Sarinah, Jakarta Pusat. Para pelanggar diduga belum mengetahui sistem baru tersebut.

.

Setiap kamera akan dipasang di tiang lampu lalu lintas. Mekanisme sistem E-TLE nantinya kamera yang sudah terpasang di tiang lampu akan menangkap atau meng-capture kendaraan yang melanggar lalu lintas. Setelah itu print out dari hasil capture akan masuk ke pihak Ditlantas Polda Metro Jaya.

.

Sejauh ini tilang akan diberlakukan untuk pelanggaran marka jalan seperti menerobos lampu lalu lintas saat berwarna merah, kendaraan berada di zebra cross saat lampu merah dan tak menutup kemungkinan pelanggar ganjil genap yang terekam.

.

Tilang yang dilakukan dengan sistem e-TLE dilakukan oleh kamera dan bukan lagi polisi di lapangan.
Sementara e-Tilang hanya berkaitan dengan proses administrasi sementara penindakan masih dilakukan oleh polisi di lapangan.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password