Tunjukan Transparansi, Kapolda Maluku Buka Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasda Maluku

Tribratanews.Polri.go.id. – Ambon. Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M, membuka Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasda Maluku Tahap II Tahun 2018, Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian di Polda Maluku dan Jajaran yang dilaksanakan di Rupattama Polda Maluku, Senin (1/10/18).

Dalam kagitan tersebut turut hadir Wakapolda Maluku Brigjen Pol. DR. Akhmad Wiyagus, S.I.K, M.Si., M.M, Irwasda Maluku Kombes Pol. Purwolelono, S.IK.,M.M, Para PJU Polda Maluku, perwakilan Badan Pengawan Keuangan dan Pembagunan (BPKP) Prov. Maluku Bpk. Rahmat Teguh, Kapolres P. Ambon, Tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembagunan (BPKP) dan para Kasubag Renmin.

Irwasda menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pengawasan dan pemeriksaan merupakan program kerja Itwasda Maluku harus dilaksanakan untuk mengetahui sejak dini kekurangan atau penyimpangan yang mungkin terjadi guna memberikan keyakinan yang memadai bahwa pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri telah dilaksanakan dengan taat, efisien dan efektif, sehingga tercapainya aparat Polri yang berkualitas, jujur dan bersih demi meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

download

Itwasda selaku aparat pengawasan interen Polri dalam melaksanakan tugas pengawasan dan pemeriksaan rutin serta perbendaharaan umum lebih mengedepankan peran sebagai konsultan, dan mitra kerja serta berkedudukan sama dengan objek wasrik.

Prioritas sasaran dan materi wasrik rutin Itwasda Maluku tahap II tahun 2018 aspek pelaksanaan dan pengendalian ini dititik beratkan pada bidang manajemen operasional, bidang manajemen sumber daya manusia, bidang manajemen sarana dan prasarana, dan bidang manajemen anggaran dan keuangan sebagaimana sasaran pengawasan. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai terhitung tanggal 1 oktober sampai 12 oktober 2018.

Kapolda Maluku juga menyampaikan, sesuai peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 22 tahun 2010 tentang susunan organisasi dan tata kerja pada tingkat Polda menegaskan bahwa pengawasan interen di lingkungan Polri dilaksanakan oleh Inspektorat pengawasan daerah (Itwasda) dalam upaya pemantauan terhadap kinerja unit organisasi yang ada dalam kendali kasatker/kasubsatker/kasatwil, pelaksanaan fungsi pengawasan intern tidak terbatas pada fungsi audit (wasrik) saja, tetapi juga sebagai konsultan dan penjamin kualitas terhadap pengelolaan SDM, Operasional, Sarpras dan Keuangan Negara.

download (2)

Kegiatan wasrik ini juga merupakan sarana yang sangat tepat untuk memberikan peringatan dini (Early Warning) terhadap potensi penyimpangan yang disebabkan kelemahan dalam sistem maupun yang dilakukan oleh individu, melakukan perbaikan dengan maksud untuk mengetahui sejauhmana perencanaan program dan anggaran dapat dilaksanakan dengan baik dan benar serta pertanggung jawaban keuangan dapat dikelola secara transparan dan akuntabel. Menerapkan prinsip-prinsip pemerintahan yang bersih (clean government) dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Kapolda juga memerintahkan kepada seluruh kasatker/kasubsatker dan kasatwil jajaran untuk lebih meningkatkan pengawasan secara melekat terhadap kinerja stafnya, agar pelaksanaan program dan kegiatan dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password