Polda Kaltim Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Tribratanews.polri.go.id – Balikpapan. Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018, Polda Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar upacara peringatan di Lapangan Mapolda Kalimantan Timur dengan harapan komitmen seluruh rakyat Indonesia terhadap Empat Pilar Negara, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika semakin teguh.

Sebagai bangsa yang majamuk yang terdiri atas 714 suku, dengan lebih dari 1.100 bahasa local yang hidup lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika.

Upacara juga dilaksanakan untuk mengingat kembali peristiwa sejarah Gerakan 30 September (30 S/PKI) pada tahun 1965. Gerakan tersebut merupakan gerakan dari Partai Komunis Indonesia (PKI) yang berupaya mengganti ideologi negara Pancasila dengan paham-paham komunis. Saat ini masih banyak generasi muda yang tidak mengetahui perihal sejarah tersebut, sehingga perlu diperingati untuk mengingatkan agar peristiwa itu jangan sampai terulang kembali.

Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto M,Si., juga berpesan untuk selalu Jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan. Dan saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. “Untuk itu mari saling bahu mambahu, bergotong royong demi kemajuan lndonesia. Pancasila Sakti, Indonesia Jaya,” jelas Wakapolda.

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password