Polda Kalbar Tangkap 126 Tersangka dalam Sebulan

Tribratanews.polri.go.id – Pontianak. Polda Kalimantan Barat melaksanakan Operasi bertajuk Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) selama sebulan, mulai dari 30 Agustus hingga 30 September 2018. Dari Operasi tersebut, Jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Polda Kalbar) berhasil menangkap sebanyak 126 tersangka.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Drs. Didi Haryono, S.H., M.H. mengatakan, Operasi KKYD digelar dalam rangka memberantas preman di wilayah hukum Polda kalbar.

18

“Selain itu, juga dilakukan penertiban kendaraan bermotor (Tibtor), yakni yang menjadikan kendaraan bermotor sebagai objeknya, selain itu juga melakukan tindak pidana pemalsuan dukomen, penggelapan hingga penadahan kendaraan bermotor,” ujar Kapolda Kalbar Senin (1/10).

126 tersangka tersebut, terdiri dari 64 tersangka kasus pencurian kendaraan bermotor, 30 tersangka kasus penggelapan dan penipuan kendaraan bermotor, 4 tersangka kasus pemalsuan dokumen kendaraan bermotor, 22 tersangka kasus penadah kendaraan bermotor, dan 6 tersangka kasus tindak pidana fidusia kendaraan bermotor.

“Untuk barang bukti yang berhasil kami amankan, yakni sebanyak 81 unit kendaraan roda dua, dan sebanyak 11 unit kendaraan roda empat,” tambah Kapolda Kalbar.

Menurut Kapolda kalbar, Jumlah yang ditangkap ini melebihi target operasi yaitu sebanyak 114 orang.

Untuk itu, Kapolda Kalbar mengimbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan membeli kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat dengan harga murah, dan tanpa dilengkapi surat-menyurat.

“Membeli kendaraan bermotor dari hasil kejahatan adalah perbuatan pidana yang bisa diproses hukum. Bagi pemilik kendaraan sebaiknya meninggalkan kendaraannya dengan kunci ganda, agar tidak menjadi korban dari kejahatan tersebut,” tutup Kapolda Kalbar.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password