Pemerintah, Tni Dan Polri Fokuskan 6 Prioritas Penanganan Gempa Dan Tsunami Di Palu Dan Donggala

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Pemerintah bersama TNI, Polri dan lembaga terkait melakukan penanganan gempa dan tsunami Palu- Donggala dengan mengutamakan enam penanganan prioritas.

 

Prioritas pertama adalah melanjutkan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban. Untuk melakukan tahapan tersebut, membutuhkan alat berat dalam jumlah banyak. Alat berat didatangkan dari luar daerah, seperti dari Mamuju, Gorontalo, Poso, dan Balikpapan. Sebab, banyak korban yang diduga tertimpa reruntuhan bangunan, material longsor, dan tertimbun lumpur yang masih perlu untuk dievakuasi.

 

Prioritas kedua, adalah pemakaman jenazah. Karena, kondisi jenazah yang diperkirakan sudah tiga hari telah mengeluarkan bau tidak sedap. Pemakaman massal sudah dilakukan pada Senin (1/10) di TPU Paboya, Kota Palu. Jenazah yang akan dimakamkan sudah diidentifikasi cepat dengan mengambil gambar wajah dan ciri-ciri tubuh korban karena tak memungkinkan untuk melakukan identifikasi lengkap.

 

Ketiga, percepatan pemulihan jaringan listrik. Sebab, saat ini jaringan listrik di Kota Palu belum semua menyala. Bahkan di Donggala, Sigi, dan Parigi Mountong, kondisi listrik masih padam. Akibatnya, tim kesulitan melakukan penanganan pada korban dan pengungsi. Saat ini sebanyak 216 personel PLN masih melakukan perbaikan gardu induk dan jaringan listeim. Selain itu, sebanyak delapan genset PLN sudah diterbangkan dengan pesawat Hercules TNI AU pada Senin pagi, untuk disebar di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

 

Prioritas keempat, adalah percepatan pengadaan bahan bakar minyak (bbm), terutama genset rumah sakit dan operator seluler. Senin pagi ini, 10 mobil tangki bbm dari Pare-Pare tiba di Kota Palu. Sementara itu, Pertamina juga menerbangkan 4.000 liter solar dengan pesawat khusus.

 

Kelima, adalah distribusi logistik dan makanan untuk pengungsi. Bantuan logistik terus berdatangan, baik dari jalur udara, darat, dan laut. Terakhir, yaitu percepatan jaringan komunikasi.  Sejak gempa berkekuatan magnitudo 7,4 SR mengguncang dan tsunami melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password