Tingkatkan Peran Dokter Kepolisian, Polda Kalbar Gelar Pelatihan Forensik, DVI, dan DNA

Tribratanews.polri.go.id – Pontianak. Kapolda Kalbar Irjen Pol. Drs Didi Haryono, S.H., M.H., membuka pelatihan peningkatan kemampuan Dokter Kepolisian (Dokpol), DVI (Disaster Victim Investigation) dan DNA (Deoxy Nucleat Acid) di Grand Mahkota Hotel Pontianak, Senin (01/10/2018).

Kapolda Kalbar menyampaikan bahwa masyarakat menaruh harapan besar kepada kepolisian agar mampu melayani dan berkontribusi nyata dalam pengungkapan kasus-kasus kriminalitas, bencana alam, kecelakaan, maupun identifikasi jenazah yang memerlukan bantuan teknis kedokteran forensik Polri, DVI dan DNA.

Pelatihan kedokteran ini merupakan pelatihan yang ke-2 kalinya dilaksanakan Polda Kalbar dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas sumber daya manusia di bidang kedokteran Kepolisian.

“Ada 3 komponen yang selalu terkait, dimana kesehatan, keamanan dan kesejahteraan saling berpengaruh dalam satu kunci, dimana terletak pada kesehatan. Oleh karena itu dokter Polisi sangat berperan penting dalam hal ini, adanya pelatihan ini kita sangat mendukung guna kepentingan kegiatan nasional kita kedepannya seperti Pileg dan Pilpres akan datang,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Kalbar juga mengajak kepada seluruh keluarga besar Polda Kalbar dan para peserta pelatihan untuk turut berduka cita dengan adanya bencana alam (gempa bumi 7,4 sr dan tsunami) yang menimpa saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah (Palu dan Donggala) yang memakan banyak korban jiwa.

“Disinilah peran Polri dalam hal ini Kedokteran Kepolisian dan DVI untuk memberikan bantuan kepada masyarakat, baik pertolongan terhadap korban bencana dan identifikasi jenazah korban bencana,” ungkap Jenderal Bintang Dua tersebut.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password