Polda Jatim Ajak Seluruh Elemen Pemilu Lakukan Deklarasi Damai

Tribratanews.Polri.go.id. – Surabaya. Kepolisian Daerah Jawa Timur mengajak seluruh elemen Pemilu melakukan Deklarasi Damai. Deklarasi Damai ini, dilaksanakan melalui Focus Group Discussion (FGD), dan dihadiri Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua Parpol dan Tim Kampanye di di Gedung Mahameru, Kamis (27/9/2018)

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Pangdam V Brawijaya Arif Rahman, dan Kajati Jatim Sunarta, Ketua KPU Jatim Eko Sasmita, Wakapolda Jatim Brigjen M.Iqbal, Pejabat Utama Polda Jatim dan Kapolres jajaran.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut acara Deklarasi Kampanye Damai pemilihan Presiden (Pilpres) dan calon anggota Legislatif (Pileg) di halaman KPU kemarin. “Kegiatan seperti ini akan dilakukan lanjutan mulai Polda hingga tingkat bawah Polres jajaran, Polsek hingga Bhabinkamtibmas serentak untuk melaksanakan pengamanan pemilu damai,” ungkapnya.

WhatsApp Image 2018-09-28 at 15.17.22

Kapolda juga mengatakan, kedepan Pemilu merupakan agenda penting yang harus diantisipasi kerawanannya, diantaranya adalah money politic, black campaign, pemberitaan negatif, hoax dan ujaran kebencian. “Jika terjadi akan berpotensi mengganggu penyelenggaraan pemilu damai,” ujarnya.

Acara ini adalah momentum yang baik untuk saling intropeksi diri sesuai subtansi dan wewenangnya sebagai mana mestinya untuk menjaga Jatim aman dan damai saat berlangsungnya pesta demokrasi. “Adapun indikator keberhasilan pemilu, tingkatkan partisipasi politik, pemilih tinggi, tahapan pemilu lancar aman dan kondusif,” ucapnya.

Kapolda Jatim menambahkan, pihaknya mengajak seluruh Forkompinda mengantisipasi potensi permasalahan pemilu yang berpotensi mengganggu proses tahapan pemilu. “Kekuatan terbesar di Jatim adalah tolerensi keberagaaman mengolah keberagaman menjadi damai,” kata Kapolda.

Sementara Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman juga berharap keberhasil Pemilu 2019 di Jatim. Giat Pemilu tertib, aman dan lancar. Untuk sering digelarnya cangkrukan. Tahapan Pemelu terus aman dan lancar. “Harapan kami kegiatan Pemilu 2019 guyub, aman lancar dan kondusif dari masa kampanye 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Kami bertugas bersinergi bersama Polda untuk kelancaran, aman, tertib dan aman. Amanah ini selalu bersinergi antara TNI – Polrii dan instansi terkait untuk menjadi kondusifitas Jawa Timur,” tandas Pangdam V Brawijaya.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password