Presiden RI Ir. Joko Widodo Membuka Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan di Yogyakarta

Tribratanews.polri.go.id – PoldaDIY, Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., menghadiri pembukaan Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Pameran Usaha Kehutanan (Pusaka) tahun 2018 di Hutan Pinus Mangunan, Jumat (28/9/2018). Festival KPH dan Pusaka yang dibuka langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai hari ini dan berakhir besok.

Festival dibuka Presiden dengan memukul Kentongan dan diikuti seluruh tamu undangan yang hadir. Secara khusus Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., memberikan penghargaan dan piagam kepada pemegan izin HPH (Hak Pengusahaan Hutan) dan HTI (Hutan Tanaman Industri), penyerahan sarana dan Prasarana KPH kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Launching Wood ID “Aiko” serta Xylarium Bogorience 1915.

Presiden dalam sambutannya mengatakan kita bersyukur bahwa hutan telah menjadi sumber kehidupan. Fungsi Hutan bukan hanya untuk mengurangi emisi karbon tetapi juga menjaga Indonesia sebagai Paru Paru Dunia.

“Saya pernah bertemu dengan beberapa kepala negara dari Skandinavia, mereka bercerita bahwa sehari hari perputaran ekonomi di negara itu banyak yang hanya hidup dari sektor Kehutanan dan Industri Kehutanan. Indonesia saat ini mempunyai posisi no 9 tentang hutan terluas didunia,” ujarnya.

jokowi

Sekitar 4 tahun yang lalu Presiden telah memerintah Menteri LHK untuk membangun usaha usaha Kehutanan.

“Agar KPH itu betul betul bisa membimbing rakyat. Semuanya bisa menjadi sumber ekonomi (dari hasil hutan), misal Ulat Sutra, madu hasil hutan, Minyak Kayu putih. Harus bisa di berbagai tempat di negara ini bisa ditanami (dan dibudidayakan) itu,” terangnya.

“Industri Kehutanan sangat luas sekali untuk dikerjakan, dan itu bisa memakmurkan (masyarakatnya) tapi kita harus bisa bekerja semuanya,” harap Presiden RI.

Dalam Pembukaan Festival KPH dan Pusaka 2018 tersebut hadir pula Mensesneg Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si., Danlanud Adisucipto Yogyakarta Marsma TNI Ir. Tedy Rizalihadi, M.M., Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.Pd., M.M., dan dimeriahkan Oppie Andaresta. (Sj/Sw/Hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password