Polisi Tertibkan Seragam dan Atribut Satpam di Jatim yang Menyerupai Brimob

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Binmas Polda Jatim melakukan penertiban terhadap atribut dan seragam petugas Satpam disejumlah perusahaan yang menyalahi aturan.

Menurut Kepala Sub Direktorat Pembinaan Satuan Pengamanan dan Polisi Khusus (Kasubdit Satpampolsus) Polda Jatim, AKBP Elijas Hendra, dalam sepekan terakhir sudah menertibkan seragam Satpam di tiga perusahaan yang berlokasi di wilayah Kota Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Penertiban tersebut dilakukan karena seragam dan atribut mereka mirip dengan seragam anggota Korps Brigade Mobil (Brimob).

22

Selain itu juga ada yang menyerupai seragam personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara lengkap dengan pangkat dipundaknya, dan ada juga yang mengenakan “baret” . Tak hanya itu, sebagian dari mereka diketahui tidak memiliki izin menjadi petugas Satpam.

“Para satpam atau petugas sekuriti ini telah mengikuti pelatihan `Gada Pratama` di Polda Jatim. Dalam pelatihan itu sudah dikenalkan aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar dalam Perkap Nomor 24 Tahun 2007. Jadi tidak ada alasan mereka tidak tahu seragam satpam ada aturannya,” ujar AKBP Elijas Hendra.

Rencananya, penertiban akan dilaksanakan di seluruh wilayah Jawa Timur. Binmas Polda Jatim juga menertibkan atribut serta izin Satpam, Instansi dan Mal di wilayah Surabaya serta Sidoarjo.

“Kalau setelah diberi peringatan tetap melanggar, masih ada teguran sampai tiga kali. Dan jika setelah itu masih melanggar, akan kami beri tindakan berupa pencabutan izin operasional,” tutupnya.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password