SELAMATKAN PEMUDA PENERUS BANGSA DENGAN TIDAK BERKENDARA DI BAWAH BATAS UMUR 17 TAHUN

tribratanews.polri.go.id,Poldasulbar,

Salah satu Bhabinkamtibmas Polres Mamasa yang bertugas di Polsek Mamasa dengan bagian desa yaitu desa Osango kec.Mamasa Kab.Mamasa Melaksanakan sambang Masyarakat dengan bertujuan untuk memberikan himbauwan kepada orang tua yang memiliki anak di bawah umur 17 tahun untuk tidak di biarkan mengendarai kendaraan bermotor ataupun mobil.( 17/01/2017 pukul 19.00 ).

Brigpol Robert Andrianto Bhabinkamtibmas desa osango ini memiliki inisiatif memberikan himbauwan kepada pengendara di bawah umur 17 tahun agar tidak lagi berkendara selain di gandeng atau di bonceng, Mengingat mereka yang di bawah umur 17 tahun belum bisa memiliki Surat Ijin Mengendarai sehingga sudah termasuk pelanggaran dan itu juga bisa membahayakan keselamatan mereka.

Mari kita Mengajak Seluruh rekan, kerabat, serta keluarga kita untuk melakukan gerakan moral agar anak-anak yang masih berusia di bawah 17 tahun tidak mengendarai berbagai jenis kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun roda empat demi keselamatan bersama , ajak Brigpol Robert Andrianto.

Gerakan ini didasari oleh makin banyaknya pengendara di bawah umur yang bebas mengendarai motor/mobil milik orangtua atau kendaraan yang dihadiahkan kepada mereka di jalanan umum.

“Para remaja di bawah 17 tahun sudah seharusnya tidak mengendarai kendaraan karena mereka belum berhak mendapatkan surat izin mengemudi (SIM). Tingginya kecelakaan lalu lintas salah satunya disebabkan oleh ulah para remaja di bawah 17 tahun yang secara serampangan dalam berkendara,

Padahal aturan yang tercantum dalam Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah jelas. Mereka yang mau mengendarai motor/mobil harus berusia minimal 17 tahun.

Pada Pasal 281 disebutkan “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).”

Karena itulah, mari kita ajarkan anak-anak kita keamanan berkendara dengan tidak mengendarai kendaraan bermotor sampai umurnya sesuai.

unnamed-file-20-324x235

 

 

 

 

 

 

HUMAS POLDA SULBAR

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password