Polda Metro Jaya Simulasi Penerapan Tilang Elektronik Mulai Oktober

Db_vguBV4AA0oaG

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan mulai melaksanakan simulasi penerapan Tilang Elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcment (ETLE), pada Oktober 2018 mendatang. Hal tersebut ditegaskan oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. M. Yusuf di Kawasan Jakarta Selatan, pada Rabu (26/09/2018).

Dirlantas Polda Metro Jaya menegaskan melalui sistem ini, pelanggar lalu lintas akan terekam di kamera pengintai alias CCTV lalu surat penilangan dikirim ke rumah. “Namun hanya pada saat simulasi pelanggar tidak diblokir STNKnya, namun hanya diberikan peringatan,” terangnya.

Bila sudah diterapkan maka pelanggar akan dilakukan pemblokiran pada STNK jika tidak membayar denda atas kesalahannya. “Soal pemblokiran STNK terkait pelanggaran maupun tindak pidana, apakah itu kecelakaan maupun tindak pidana kendaraan bermotor itu sudah diatur, boleh diblokir,” ujarnya.

Perwira Menengah Polda Metro Jaya tersebut berharap pengendara berhati-hati dan mengubah perilaku buruk saat berkendara. Karena semua aksi pengendara di jalan akan direkam oleh kamera.

“Dengan adanya sistem (Tilang Elektronik) yang canggih dan bagus, kebiasaan-kebiasaan yang tidak bagus akan berubah sendiri karena ada sistem. Yang mengawasi mereka bukan manusia lagi, tapi sistem,” pukasnya.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password