Workshop Keuangan Polda Sulut Oleh KPPN Manado

Tribratanews.polri.go.id-Manado. Pengemban Fungsi Keuangan di Polda Sulut dan jajaran mengikuti kegiatan workshop keuangan yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Wilayah Manado, Rabu (26/9/18).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Irwasda Polda Sulawesi Utara Kombes Pol Hotman Simatupang yang didampingi oleh Kabid Keuangan Kombes Pol Bagus Srigustian dan Kepala KPPN Manado Wayan Juwena.

Dalam sambutannya, Irwasda menyampaikan bahwa dalam rangka pelaksanaan anggaran dibutuhkan petunjuk dan langkah yang tepat sehingga dapat memanfaatkan setiap anggaran yang telah disediakan Pemerintah untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok kepolisian, sekaligus mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang diterima.

Dalam amanat Pasal 55 UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara ditegaskan bahwa Pengguna Anggaran (PA) / Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) wajib menyusun pertanggung jawaban APBN yang dalam sistem akutansi instansi telah diatur dalam amanat Undang-Undang dan disusun per semester pada setiap tahun anggaran, serta pertanggung jawaban yang nanti akan disusun para KPA.

Selanjutnya akan digabungkan menjadi laporan wilayah yang dipertanggung jawabkan oleh Kapolda selaku wakil dan pengguna anggaran di wilayah, selanjutnya laporan keuangan disajikan kepada pemerintah.

“Evaluasi terhadap kinerja fungsi keuangan dinilai dengan pengukuran kinerja pelaksanaan anggaran yang didasarkan pada aspek kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan serta kepatuhan pada regulasi dan efektifitas pelaksanaan kegiatan,” ujar Irwasda.

Menurut Irwasda, ada 12 indikator kinerja pelaksanaan angaran yang terdiri dari pengelolaan uang persediaan, data kontrak, kesalahan Surat Perintah Membayar (Spm), retur Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), halaman III Dipa (akurasi pencairan dana sesuai rencana, revisi Dipa, penyelesaian tagihan, rekon LPJ (Laporan Pertanggungjawaban), Renkas (rencana kas), realisasi, Pagu minus dan dispensasi spm.

“12 indikator dimaksud untuk menunjukkan dan menentukan kualitas kinerja pelaksanaan anggaran. Semakin tinggi nilai yang diperoleh satuan kerja, menunjukkan kinerja pengelolaan anggaran yang dilakukan sudah baik,” tegasnya.

Irwasda juga mengingatkan kepada para KPA agar memperhatikan penyerapan anggaran pada satker masing-masing.

Dengan kegiatan workshop ini, Irwasda mengharapkan kepada para personil pengemban fungsi keuangan Polda Sulut akan semakin meningkatkan tanggung jawab, akuntabilitas dan transparasi dalam menggunakan anggaran negara untuk pelaksanaan tugas–tugas Kepolisian.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password