Polda Riau Kerahkan 6000 Personel untuk Amankan Pemilu 2019

Tribratanews.polri.go.id – Pekanbaru. Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengerahkan lebih kurang 6.000 personel untuk pengamanan tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, mulai dari awal kampanye hingga pelantikan.

“Personel yang kita libatkan sebanyak dua per tiga kekuatan kepolisian. Anggota kita di sini 10 ribu berarti kurang lebih 6.000 kita turunkan,” kata Kepala Polda Riau, Irjen. Pol. Drs. Widodo Eko Prihastopo, M.M. di Pekanbaru, Rabu (19/9).

Kapolda Riau mengatakan kegiatan pengamanan ini menggunakan sandi Mantap Brata Muara Takus 2018. Pengamanan dilakukan sampai dengan pelantikan anggota legislatif dan presiden 21 Oktober 2019.

Operasi Mantap Brata dilakukan agar Pemilu dapat berjalan dengan Aman, Damai dan Sejuk tanpa ada gejolak. Oleh karena itu Kepolisian dibantu oleh Tentara Nasional Indonesia di Riau dan pemangku kepentingan lainnya. Kapolda Riau menjamin Polri netral dalam kegiatan pemilu dan hanya akan fokus dalam mengamankan.

“Jika ada unsur-unsur Polri di satuan wilayah tidak netral, harap diinformasikan dan pihaknya secara internal akan memberi sanksi,” ujarnya.

Selanjutnya, Kapolda Riau menekankan terkait arahan Kapolri agar lebih mengawasi media sosial. Seperti yang kita ketahui, media sosial bisa menciptakan berbagai opini seperti mengajak, menghasut, memfitnah, kampanye hitam dan negatif.

Sementara itu, Komandan Resor Militer 031/Wirabima, Kolonel Inf Sonny Aprianto, S.E., M.M., menyampaikan bahwa pihaknya akan memberikan dukungan personel kepada polri. Pihaknya sudah menyiapkan 2.200 personel khusus dari TNI Angkatan Darat untuk menyokong polri dalam tugas pengamanan.

“Kami sudah rapat kerja dalam rangka meningkatkan sinergitas TNI Polri. Potensi gangguan sudah kita petakan, berbagai kegiatan inteligen, operasi teritorial kita selalu berkoordinasi dan kita tegas kita netral,” ujarnya.
(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password