Sempat Viral, Ternyata Inilah Isi Paket COD dari China

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Beberapa waktu lalu beredar di media sosial paket yang dikirim ke rumah dan toko dengan kode COD dari China. Dalam pesan tersebut apabila penerima merasa tidak pernah memesan produk yang dimaksud, maka petugas akan meminta KTP untuk difoto dan dilaporkan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., menjelaskan bahwa setelah menerima laporan paket misterius, Tim Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda DIY langsung menyelidiki keberadaan paket tersebut untuk dilakukan penyelidikan.

“Hasil pengecekan tim ternyata isi paket tersebut sebuah jam tangan,” kata Karo Penmas, Jakarta, Rabu (19/9).

“Tim menginterogasi penerima paket dan diterangkan bahwa Rabu, 12 September pekan lalu sekitar pukuk 10.58 WIB ada seorang petugas ekspedisi datang ke toko tempatnya bekerja dan mengantar paket atas nama pemilik toko,” tambah Karo Penmas.

Berdasarkan keterangan pegawai toko, pada paket itu tertera nama pemilik toko sebagai pemesan paket. Namun ketika dikonfirmasi, pemilik toko mengatakan tidak merasa memesan barang tersebut.

“Setelah koordinasi dengan pihak ekpedisi di Jakarta, paket tersebut masih ada dan disimpan di gudang. Kemudian tim di Yogya berkoordinasi dengan Bareskrim Polri, dalam hal ini Kasubdit TPPU Bareskrim Kombes Pol. Jamaluddin dan penyidik AKBP Agus Waluyo,” jelas Jenderal Bintang Satu tersebut.

Selanjutnya polisi mendatangi gudang ekspedisi di Cengkareng, Jakarta Barat pada Selasa, 18 September pukul 14.00 WIB. Karo Penmas mengungkap paket tersebut ternyata sebuah jam tangan berwarna oranye.

“Jadi clear ya. Kami kembali imbau masyarakat untuk tidak mudah percaya berita hoax yang disebarkan seseorang baik di Whatsapp Group maupun media sosial,” tutupnya.
(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password