21 Ribu Personel TNI & Polri Dikerahkan Mengamankan Pemilu 2019 Di Jawa Tengah

Tribratanews.polri.go.id – Semarang.  Kepolisian Daerah Jawa Tengah mengerahkan sekitar 21.000 personel gabungan TNI, Polri, dan Linmas , untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang agar berlangsung dengan kondusif.

 

Pengamanan sudah mulai dipersiapkan oleh Polda Jawa Tengah dengan mengadakan gladi bersih simulasi Pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Lapangan Bhayangkara, Akademi Kepolisian. Karo Ops Polda Jateng mengatakan, jumlah 21 ribu personel akan dibantu oleh personel TNI sebanyak 13 ribu. Jumlah ini sama dengan pengamanan Pilihan Kepala Daerah dab Pilihan Gubernur pada bulan Juni lalu.

 

Pengamanan sudah mulai dipersiapkan mengingat mengingat saat ini sudah mendekati hari penetapan pasangan calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, tepatnya tanggal 20 September besok. “Besok ada simulasi di sini (Markas Akpol) juga. Setelah itu ada rapat lintas sektoral. Tanggal 19 September kita gelar pasukan di Lapangan Simpang Lima Semarang,” jelas Karo Ops Polda Jateng.

 

Simulasi pengamanan Pilpres dan Pileg di Akademi Kepolisian Semarang melibatkan sekitar dua ribu personel dari Polri, TNI dan Linmas  sesuai dengan arahan dari Mabes Polri. Polda Jawa Tengah akan mengoptimalkan pengamanan dikarenakan potensi gesekan sudah pasti ada setiap gelaran pemilihan umum. Antisipasi dini adalah solusi terbaik untuk dilakukan.

 

Kepolisian memprediksi potensi kerawanan bakal terjadi sejak tahapan awal sampai ketidakpuasan dalam penghitungan suara. Namun, persiapan pengamanan sudah berlangsung. KPU mulai menetapkan calon pada 20 September, dan masa kampanye mulai 23 September. Sehingga pada 19 September dilakukan apel kesiapan personel untuk pengaman Pilpres dan Pileg 2019 di Lapangan Simpanglima.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password