Polisi Berhasil Tangkap Pembuat Video Hoax Saat Simulasi Penanggulangan Unjuk Rasa di MK

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polisi berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka berinisal “SS” yang membuat Video Hoax Saat Simulasi Penanggulangan Unjuk Rasa di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) di daerah Tanjung Barat, Jakarta Selatan, pada Minggu dini hari (16/09/2018).

Penangkapan yang dilakukan oleh Tim Gabungan Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya tersebut diawali dengan penyelidikan alamat tersangka hingga akhirnya berhasil ditangkap pada sebuah Warung Kopi, Kelurahan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, pada Minggu dini hari pukul 02.55 WIB.

Tersangka SS diduga melakukan tindakan melawan hukum dengan menyiarkan atau mengeluarkan pemberitaan bohong dan menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian terhadap individu atau kelompok berdasarkan antar golongan melalui akun facebook yang dimilikinya.

Akun Facebook SS memposting video aksi demo depan Gedung MK dengan diberi caption “Jakarta Sudah Bergerak, Mahasiswa Sudah Bersuara Keras Dan Peserta Aksi Mengusung Tagar #Turunkanjokowi. mohon diviralkan karena media tv dikuasai petahana”, namun yg sebenarnya video tersebut adalah video simulasi yang dilakukan pihak kepolsian untuk menangani penanggulangan unjuk rasa yang dilakukan di depan gedung MK. Video Hoax tersebut menjadi viral baik di media sosial mapun Whatsapp.

Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa Print Out Akun Facebook SS dan dua buah Handphone jenis ZTE & XIAOMI. Tersangka diduga melanggar Pasal 14 Dan Pasal 15 UU RI No.01 Tahun 1946 Ttg Peraturan Hukum Pidana Dan/Atau Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45a Ayat (2) UU RI No. 19 Tahun 2016 Tentang Perubah Atas UU RI No. 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

Saat ini masih dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka, saksi-saksi, hingga para ahli terhadap perkara tersebut di Polda Metro Jaya.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password