Polri Imbau Masyarakat Gelar Deklarasi Dukungan Politik Secara Damai

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M. Hum., M.Si., M.M., mengimbau masyarakat serta seluruh kontestan Pemilu 2019 menggelar deklarasi dukungan politik secara damai. “Dari Kepolisian sudah mengimbau untuk deklarasi para kontestan pemilu, diharapkan deklarasinya dilaksanakan secara damai, silahkan saja perbedaan dukungan, namun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus saling menghormati, saling menjaga dan membuat Indonesia ini harmoni,” ungkap Karo Penmas Divisi Humas Polri.

 

Kepolisian juga mengimbau mereka yang hendak menggelar acara deklarasi dukungan politik agar melaporkan terlebih dahulu ke kepolisian setempat. Polisi akan mempertimbangkan sebelum menerbitkan izin. Jika acara deklarasi tidak berpotensi menimbulkan konflik, polisi akan memberikan izin. Tetapi, jika rencana kegiatan berpotensi menimbulkan konflik, Polri akan betul-betul bertindak secara selektif, bahkan menganjurkan penyelenggara untuk tidak melakukan kegiatan tersebut.

 

Karo Penmas Divisi Humas Polri juga menjelaskan, menurut Undang-Undang nomor 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum, terdapat lima tanggung jawab yang harus menjadi pedoman masyarakat dalam menyatakan pendapat. Kelima tanggung jawab itu sekaligus harus menjadi pegangan dan tata tertib masyarakat menggelar deklarasi dukungan politik. Warga negara wajib menaati hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Warga negara juga wajib menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum, menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa.

 

Peran serta masyarakat juga sangat membantu dalam mewujudkan deklarasi yang aman, damai dan nyaman dan juga tidak menimbulkan perpcahan.

 

(fb/sw/hy)

Admin Polri54175 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password