Polisi Tangkap Sindikat Pemalsu STNK Dan BPKB

pemalsu

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polres Pelabuhan Tanjung Priok berhasil meringkus sindikat pemalsuan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang beroperasi melalui media social. “Kami mendapat informasi terkait jual-beli jasa pembuatan STNK dan BPKB palsu di medsos. Sampai akhirnya kami berhasil meringkus 3 tersangka dan turut menyita ratusan STNK dan BPKB palsu,” ungkap Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok, AKP Moh. Faruk Rozi, S.H., S.I.K., M.Si.

 

Tiga tersangka yang teringkus diantaranya,  Rubiyanto sebagai pengarah dan penerima pesanan dari orang lain (konsumen), Sutrisno sebagai pembuat STNK dan BPKB palsu, dan Supriyanto sebagai kurir yang mengantar pesanan melalui ekspedisi.

 

Para pelaku ditangkap setelah polisi mendapat informasi terkait jual-beli jasa pembuatan STNK dan BPKB palsu di media sosial. Polisi melakukan undercover buy untuk memancing pelaku. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari facebook dan situs yang mereka gunakan, para pelanggan surat palsu tersebut tidak hanya berasal dari Jakarta saja tapi juga dari seluruh Indonesia. “Setelahnya diketahui bahwa pencetakan STNK dan BPKB palsu berada di Grobogan, Jawa Tengah. Jadi untuk proses produksinya dilakukan di rumah tersangka di daerah Grobogan, Jawa Tengah,” ungkap Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

 

Adapun barang bukti yang disita dari ketiga pelaku di antaranya puluhan STNK dan BPKB palsu, beberapa buah stempel, laptop, printer, handphone hingga bukti pengiriman barang. Atas perbuatannya para pelaku dijerat dengan Pasal 263 ayat 1 tentang pemalsuan surat-surat. Ketiganya diancam hukuman pidana penjara selama enam tahun.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password