Polres Karawang Terus Usut Kasus Pembuangan Limbah Medis di Kecamatan Cilebar

Tribratanewspolri.go.idKarawang. Jajaran Polres Karawang menindaklanjuti kasus penemuan tumpukan puluhan kantong limbah medis di kawasan hutan mangrove yang ditemukan pada Minggu (09/09) Dusun Kepuh, Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar Karawang, Jawa Barat.

Petugas kepolisian telah memasang garis polisi di sekitar lokasi ditemukannya tumpukan limbah medis itu. Selain itu, polisi juga telah memanggil sejumlah saksi.

Dalam kasus ini, petugas juga berhasil menemukan satu petunjuk awal dari mana limbah medis ini berasal. Yakni, setelah ditemukannya beberapa carik surat yang mencantumkan alamat dan mengarah kepada Rumah Sakit Budi Asih yang beralamat di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Atas dasar bukti ini, pihaknya dalam waktu dekat akan memintai keterangan pihak RS dan vendor dari pengelola limbah medis tersebut. “Petunjuknya sudah ada. Kami akan terus dalami sampai menemukan fakta,” ujar Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya.
“Petunjuknya sudah ada. Kami akan menelusuri dan mendalami petunjuk itu hingga bisa secepatnya menemukan fakta dalam kasus ini,” ujar AKBP Slamet Waloya.
Kapolres Karawang menjelaskan, dari hasil temuan petunjuk ini pihaknya akan segera meminta keterangan dari rumah sakit tersebut, termasuk juga perusahaan jasa pengangkut limbah yang merupakan rekanan Rumah Sakit tersebut. Yakni, PT Mahardika Handal Sentosa yang berlokasi di Tangerang, Provinsi Banten.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, Rosmalia Dewi menuturkan, tumpukan limbah medis yang ditemukan warga ini akan segera dibawa kembali ke RS Budi Asih, Bekasi.

Namun demikian, untuk proses pengangkutan masih menunggu arahan dari pihak kepolisian yang saat ini masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

“Kami telah memanggil pihak RS Budi Asih untuk klarifikasi. Mereka mengaku limbah itu berasal dari rumah sakitnya,” ujar Rosmalia.
(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password