Polisi Tangkap Pengedar Uang Palsu Ratusan Juta di Bekasi

Tribratanews.polri.go.id – Bekasi. Polres Metro Bekasi Kota menangkap pengedar uang palsu di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat. Mereka adalah UT (40) dan GR (40). Keduanya diduga telah mengedarkan uang palsu senilai ratusan juta rupiah di wilayah Garut dan Bandung.

“Ada informasi dua orang tak dikenal hendak melakukan transaksi jual beli uang palsu,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota.

Penangkapan dilakukan dengan cara salah seorang petugas Kepolisian menyamar sebagai pembeli. Setelah sepakat untuk melakukan transaksi i Hotel Merdeka, Jalan Insinyur Juanda, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur.

12

“Jadi pada saat waktu yang telah disepakati, kedua pelaku  dan anggota (polisi yang menyamar menjadi pembeli) bertemu. Saat itulah mereka berhasil kami amankan dan mengamankan barang bukti berupa uang palsu senilai Rp20 juta,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota.

“Usai ada informasi warga kita pantau, dan lakukan penyamaran. Dilokasi langsung kita ringkus,” tambahnya.

Berdasarkan pengakuan kedua pelaku, sebelum ditangkap mereka telah mengedarkan uang palsu di wilayah Bandung dan Garut dengan jumlah sekitar Rp 100 juta. Menanggapi hal tersebut, Polres Metro Bekasi Kota berkoordinasi dengan pihak kepolisian di wilayah  Bandung dan Garut.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku mendekam di sel tahanan Polres Metro Bekasi Kota. Mereka dijerat Pasal 254 jo Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password