Torch Relay Asian Para Games 2018 Tiba di Ternate

Tribratanews.polri.go.id. – Ternate. Kota Ternate didatangi oleh lentera api dan obor Asian Para Games 2018. Lentera yang dinyalakan dari api abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah itu nantinya akan digunakan untuk menghidupkan obor dalam acara Torch Relay Asian Para Games, di Kota Ternate, Minggu (9/9/2018).

Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc., turut menghadiri acara Torch Relay Asian Para Games III 2018, di Ternate, Maluku Utara, Minggu (9/9). Ternate menjadi kota pertama torch relay atau kirab obor pesta olahraga atlet difabel se-Asia. Kirab obor selanjutnya akan menuju Makassar (12/9/2018), Bali (16/9/2018), Pontianak (19/9/2018), Medan (23/9/2018), Pangkal Pinang (26/9/2018), dan Jakarta (30/9/2018).

Sesampainya di Ternate, lentera dan obor ini terlebih dahulu disemayamkan di Istana Kesultanan Ternate di Soa Sio, Ternate Utara, lewat prosesi adat setempat.

Dalam prosesi itu, Wakil Ketua IV Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc), Raden Isnanta, membawa lentera. Ia didampingi Sekjen Inapgoc, Bayu Rahadian, yang memegang obor dalam kondisi padam. Kemudian, lentera diserahkan kepada Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, dan Kie Malaha Marsaoly Kesultanan Ternate Abdul Majid yang sudah berada didalam istana.

Wali Kota dan Kie Malaha Marsaoly kemudian menyerahkan kembali lentera dan obor ke petugas Kesultanan di teras Istana. Setelah itu, lentera dan obor dibawa masuk ke dalam istana, diletakkan di atas meja untuk kemudian didoakan oleh Hatib Mado Manyira Kesultanan Ternate Sumarno.

Masyarakat, beserta jajaran pemerintahan bersyukur dan bangga karena masyarakat Kota Ternate dan Kesultanan Ternate, diberikan kepercayaan untuk ikut bersama menyukseskan Asian Para Games.

Sesuai rencana, api obor Asian Para Games 2018 akan diarak ke landmark Kota Ternate pada Minggu (9/9/2018). Pihak Kepolisian juga telah menyiapkan untuk mengamankan kegiatan tersebut.

Kemudian, malamnya api obor tersebut dibawa ke puncak acara Haornas di Lapangan Kie Raha.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password