Pungli Dana PAUD, Polda Jatim Tangkap Dua PNS di Jember

Tribratanews.polri.go.id – Kabupaten Jember. Polda Jawa Timur berhasil menangap dua orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diduga melakukan pungutan liar dan gratifikasi terkait pencairan bantuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Jember, Sabtu (09/09/2018).

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jatim, Kombes. Pol. Agus Santosa menerangkan Kamis (6/9) Unit II/Pidkor Polres Jember dan Pidana Khusus Kejaksaan Jember mendapat informasi terkait adanya pungli dan gratifikasi Dana Bantuan Layanan Khusus untuk lembaga PAUD tahun anggaran 2018. Pungli itu diduga dilakukan oleh PNS Kecamatan Sukowono. Informasi menyebutkan Pungli dan Gratifikasi akan dilaksanakan di salah satu rumah makan di Sukorejo.

“Sekitar pukul 15.00 Wib, telah terjadi Pungli dan Gratifikasi yang dilakukan oleh tersangka kepada dua Lembaga PAUD yaitu PAUD Nurul Islam yang telah mendapatkan pencairan dana Rp 25 juta dan PAUD Cempaka 100 mendapatkan pencairan sebesar Rp 25 juta. Setiap Lembaga dimintai uang sebesar 15 persen atau sebesar Rp 3.750.000,” ungkap Direskrimsus.

Atas peristiwa tersebut Polda Jatim mengamankan dua tersangka yakni Suwidi selaku penilik PAUD Kecamatan Kalisat dan Abdul Rohim selaku Penilik PAUD Kecamatan Sukowono.

Pelaku dijerat Pasal 12 huruf e dan atau Pasal 12 huruf A atau Pasal 11 UU RI No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU RI No.20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.

(er/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password