Titik Karhutla di Kalbar Sudah Zero Spot, Komjen Pol Unggung Cahyono : Saya Minta Dipertahankan

Tribratanews.polri.go.id – Pontianak. Polda Kalimantan Barat menerima asistensi dari Mabes Polri yang dipimpin oleh Kalemdiklat Polri Komjen. Pol. Drs. Unggung Cahyono di Aula Tribarata Mapolda Kalbar, Kamis (30/8/18).

WhatsApp Image 2018-08-31 at 05.18.50(1)

Dalam kegiatan ini, Kapolda didampingi oleh Wakapolda beserta para pejabat utama Polda Kalbar.

Kapolda Kalbar Irjen pol. Drs. Didi Haryono S.H., M.H., menerima secara langsung kunjungan ini. Dalam asistensi kali ini, Kalemdiklat Polri mendapatkan paparan dari Polda Kalbar terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah hukum Polda Kalbar beberapa waktu lalu.

WhatsApp Image 2018-08-31 at 05.18.48

Kapolda Kalbar menjelaskan bahwa jajarannya telah memberikan sanksi tegas kepada para pelaku. “Jumlah kasus bertambah kembali sampai 30 Agustus 2018 sebanyak 26 Laporan Polisi, dengan 36 tersangka (30 orang laki-laki dan 6 orang perempuan), 16 ditahan, 2 meninggal dunia di TKP terpapar asap dan api, serta 18 orang tidak ditahan.,” jelas Kapolda Kalbar.

Terkait penanganan permasalahan Karhutla ini, Polda Kalbar telah melakukan berbagai macam penanganan baik preventif maupun pereemtif. Selain itu, Polda Kalbar Bersama TNI dan intansi terkait lainnya telah bersama-sama bersinegri dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang satu ini.

Langkah-langkah terbaik mulai dari langkah preventif dan preemtif dijelaskan oleh Kapolda Kalbar dalam paparannya. “Kita sudah tahu bahwa pada bulan Juni, Juli dan Agustus ini adalah musim kemarau, makanya kita awali dengan memberikan himbauan, sosialisasi, Focus Grup Discusion, membuat sekat-sekat kanal, membuat embung, membuat sumur, serta membuat latihan penanggulangan karhuta dalam bentuk simulasi dan sampai yang terakhir kita bersama keroyokan melakukan pemadaman titik-titik Api,” ungkap Kapolda Kalbar.

Selain itu juga kapolda kalbar menjelaskan bahwa saat ini semua titik api sudah tidak ada atau zero spot. “Selama tiga hari ini Kalbar diguyur hujan, untuk titik Api (Hotspot) kemarin-kemarin ada 129 hotspot, lama-lama tinggal dua hotspot dan sampai pagi ini zero hotspot di Kalbar”, ungkap Kapolda Kalbar.

Dalam asistensi ini, Kalemdiklat Polri menyampaikan bahwa langkah yang telah dilakukan oleh Polda Kalbar sudah baik dan sesuai dengan SOP yang ada. “Dari paparan tadi pak Kapolda, pak Karo Ops terkait kegiatan preemtif, preventif dan gakkum yang sudah dilakukan saya rasa sudah bagus, termasuk ada maklumatnya,” ungkap Kalemdiklat Polri.

Kalemdiklat Polri juga menyampaikan agar memaksimalkan dalam pengelolaan Kamtibmas. Dengan mengedepankan Bhabikamtibmas yang tersebar di desa-desa begitu juga para Babinsa, para perangkat desa seperti Lurah atau Kades dan unit Intelejen yang telah tersebar di seluruh wilayah.

Selain itu dalam akhir keterangannya, Kalemdiklat Polri mengharapkan agar tidak terjadi lagi kebakaran hutan terutama di Kalimantan barat. Segala bentu penanganan harus diteleiti dan sesuai dengan apa yang terjadi. Sehingga penanganan permasalahan kontigensi apapun bisa ditangani dengan baik dan maksimal.

(rz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password