Sikapi Sengketa Lahan, Polisi Selesaikan dengan Mediasi

Sengketa lahan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Kerumunan masa menghampiri Mapolsek Paringin dengan menyampaikan permasalahan yang sedang mereka hadapi kepada petugas sentra pelayanan, Rabu (29/8) pukul 11.00 Wita.

Diterima oleh Kanit Binmas Polsek Paringin Bripka Supian Ilmy, S.Sos, Petugas mengarahkan warga untuk duduk bersama di ruang mediasi Polsek Paringin untuk membicarakan permasalahan sengketa tanah di desa Mangkayahu RT 02 yang mereka adukan.

sengketa lahan

Permasalahan ini terjadi antara LN (47) warga desa Mangkayahu Rt 02 Kec Paringin dan AC (53) warga desa Muara Ninian Rt 02 Kec Juai. Keduanya saling mengklaim kepemilikan sebidang tanah yang saat ini dibahas.

Hingga pukul 13.30 Wita, Mediasi berjalan dengan alot, berkat penjelasan yang diberikan oleh petugas, akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan secara kekeluargaan diluar dari poreses hukum yang berlaku yang dituangkan dalam surat perjanjian.

“Kedua belah pihak akhirnya sepakat menyelesaikan dengan kekeluargaan, salahsatunya dengan mengukur ulang tanah yang disengketakan,” papar Bripka Supian Ilmy mewakili Kapolsek Paringin Iptu Cahyo Budi Widodo kepada  Humas Polres Balangan.

sengketa Lahan warga balangan

Sengketa Tanah di desa Mangkayahu, Paringin, Balangan

Pengukuran ulang ini melibatkan saksi jual beli sebelumnya, Penunjukan batas tanah dilakukan oleh saudara Syahrudin selaku saksi jual beli dengan disetujui kedua belah pihak. dengan upaya ini, tidak ada lagi penggugatan ulang status tanah sebelum disahkan oleh pemerintah desa.

“Kedua belah pihak sepakat menjaga sikap yang dapat merugikan satu sama lain selama proses pengukuran ulang tanah selesai,” lanjut Supian Ilmy.

Lebih lanjut terang Supian Ilmy, kejadian serupa juga terjadi sehari sebelum peyelesaian permasalahan sengketa tanah ini, yaitu permasalahan terkait sewa Ruko di kelurahan Paringin Kota kecamatan Paringin.

“Sebelum ini juga terjadi hal serupa, Alhamdulillah berhasil terselesaikan dengan upaya mediasi juga,” tutupnya.

(La/Sw/Hr)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password