Waspada, Penipuan melalui Pesan Berantai Catut BPJS di Whatsapp

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Beredarnya pesan berantai di jejaring sosial Whatsapp yang mengatasnamakan BPJS membuat resah warganet.

Dikonfirmasi Humas Polres Balangan, Kepala BPJS Cabang Balangan Yuliarsi langsung mengklarifikasi hal tersebut.

“Yang beredar melalui Whatsapp tersebut adalah Hoax, kami tidak ada hal semacam itu,” ucapnya.

Dari pesan berantai Whatsapp yang mengatasnamakan BPJS pelayanan keuangan ini, semuanya mengarah pada penipuan yang mana korban akan digiring oleh operator untuk menyetujui pengiriman sejumlah uang.

“klo kita setuju langsung diminta no rekening dan bilang mau ditransfer oleh operator, padahal itu sebaliknya,” lanjut wanita yang akrab dipanggil Ibu Yuli ini.

Lebihlanjut, website BPJS hanya https://bpjs-kesehatan.go.id/ serta aplikasi yang berbasis android yaitu Mobile JKN.

“Selain website bpjs-kesehatan.go.id dan Mobile JKN berbasis Andrid, tidak ada yang lain, jadi jangan tertipu dengan isu yang beredar di Whatsapp tersebut,” tutupnya, Selasa (28/8).

Berikut klarifikasi lengkap BPJS Kesehatan yang langsung dipublikasikan melalui

1. Informasi di website atau blog yang menyebutkan bahwa ada dana bantuan dari BPJS Kesehatansebesar Rp 21 juta adalah TIDAK BENAR dan mempunyai potensi tindakan penipuan.

2. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarluaskan informasi HOAX tersebut dan segera melapor kepada pihak yang berwenan apabila menemukan kejadian serupa agar kasus ini segera ditangani, sehingga tidak memakan banyak korban.

3. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap modus-modus penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab.

Demikian pernyataan resmi dari BPJS Kesehatan.

(La/Sw/Hr)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password