Ditbinmas Gelar FGD Jelang Pemilu 2019, Indonesia Tidak Boleh Kehilangan Jati Dirinya

Tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, sejumlah tokoh agama, organisasi masyarakat yang berada di Yogyakarta, akedemisi mahasiswa dan personil Polda DIY menghadiri Focus Group Discussion tentang menjalin sinergitas Polri bersama organisasi masyarakat (ormas) dan instansi terkait dalam penanggulangan radikalisme guna mensukseskan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019 di Gedung Pam Obvit Polda DIY, Selasa (28/8/2018).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Direktorat Binmas Polda DIY ini menghadirkan pembicara Drs. MH. Lutfi Hamid, M. Ag Ka Kanwil Kemenag DIY, Kasubdit IV Dit Intelkam Polda DIY AKBP Daru Tyas Wibawa, SH. SIK. MH., dan KH Irwan Masduqi Pengasuh Pesantren “As-Salafiyyah” Yogyakarta.

Dir Binmas Polda DIY Kombes Pol Rudi Heru Susanto, S. H. M.H., saat memberikan sambutan mengatakan bahwa kegiatan FGD diharapkan dapat menambah pengetahuan pemahaman hal-hal terkait radikalisme dan melalui peran maksimal dari seluruh elemen masyarakat bersama membangun stabilitas nasional.

“Benar bahwa melaluli peran maksimal polri dan stake holder lainya, tentunya akan mempunyai kekuatan penuh untuk meredam aksi intoleran maupun radilkal, sehingga kelompok garis keras (radikal) yang menimbulkan hal hal negatif pada konduktifitas dalam negeri dapat dituntaskan,” ujar Dir Binmas.

Pada bagian akhir diskusi, KH Irwan Masduqi atau sering disebut Gus Irwan Masduqi menyimpulkan bahwa Indonesia saat ini mengalami krisis dengan pemikiran radikal juga pemikiran intoleransi yang mengarah kepada tindakan kekerasan dan melawan tatanan hukum yang ada, dan saat ini berlapiskan nama agama.

“Indonseia tidak boleh kehilangan jati dirinya, indonesia harus tetap indonesia yang selalu mengusung persatuan dengan banyak perbedaan, kita dilahir kan dengan diwariskan Pancasila oleh leluhur kita, ideologi pancasila adalah ideoligi rakyat dari sebuah bangsa, pancasila adalah milik kita, karena pancasila lah bangsa ini dapat bangkit karena belenggu penjajahan,” ucap gus Irwan mengakhiri.

(Sj/Sw/Hr)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password