Polisi Imbau Agar Masyarakat Berani untuk Melaporkan Aksi Premanisme

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Kepolisian tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya bantuan dan peran dari masyarakat. Maka dari itu, Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol. Hengki Haryadi, S.I.K., M.H., mengimbau warga masyarakat agar berani melapor segala bentuk aksi premanisme yang terjadi di lingkungan mereka. Diimbau agar tidak ada perasaan takut untuk melapor, agar pihak Kepolisian dapat menindak lanjuti kasus premanisme yang tersebar di masyarakat.

Kapolres Metro Jakarta Barat menegaskan, warga tidak perlu takut dengan ancaman yang diberikan preman karena polisi siap melindungi dan akan menindak tegas pelaku. Tak dapat dipungkiri, di Jakarta memang masih banyak aksi premanisme. Namun polisi tidak akan  gentar, dan akan memberikan efek jera, efek gentar kepada pelaku. Pihak Kepolisian juga akan merubah paradigma selama ini, yaitu preman membuat resah masyarakat, saat ini, Polisi dan masyarakat yang akan membuat preman resah.

Jumat lalu, Polres Metro Jakarta Barat telah berhasil menangkap tujuh orang yang kerap meminta uang kepada warga di kompleks Ruko Seribu Cengkareng, Jakarta Barat. Pemalakan yang dilakukan orang-orang itu hingga proses penangkapan mereka telah diunggah pada salah satu akun Facebook. Video tersebut viral di media sosial dan telah disebar 22.000 kali sampai Senin ini.

Pihak Kepolisian akan terus mendalami kasus premanisme tersebut. Atas perbuatannya tersebut, para tersangka dijerat Pasal 170 KUHP tentang Kekerasan terhadap Orang atau Barang di Muka Umum, Pasal 368 KUHP tentang Pemerasan, dan Pasal 335 KUHP tentang Pemaksaan Orang Lain untuk Melakukan atau Tidak Melakukan Sesuatu dengan Kekerasan.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password