Lestarikan Cagar Budaya, Kapolres Solok Selatan Dapat Penghargaan

3

Tribratanews.polri.go.id – Sumatera Barat. Kapolres Solok Selatan, AKBP Imam Yulisdianto, S.I.K., M. H. Mendapatkan piagam penghargaan dari masyarakat Nagari Bidar Alam.

3

Pemberian piagam tersebut sebagai penghargaan atas partisipasinya dalam menjaga dan melestarikan cagar budaya Museum dan Tugu Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang terletak di Bidar Alam, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Penyerahan piagam penghargaan dilakukan oleh tokoh adat setempat, Hasril Dt Tamajelo selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN) kepada Kapolres Solok Selatan. Piagam tersebut diberikan usai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, di halaman Kantor Bupati.

Kapolres Solok Selatan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Bidar Alam atas penganugerahan penghargaan yang diberikan kepadanya.

“Apa yang telah dilakukan ini merupakan kegiatan spontanitas semata. Karena, saat melewati museum PDRI tersebut terlihat tak terawat dan terkesan kumuh,” ujarnya.

Melihat kondisi museum PDRI tidak terawat, Kapolres Solok Selatan beserta Personelnya melakukan gotong-royong membersihkan museum dan tugu PDRI. Selain itu, museum dan tugu PDRI juga dicat ulang agar terlihat bersih. Kemudian dilakukan perawatan dan dijaga kebersihannya.

“Apa yang kita lakukan itu tidak lah berlebihan dan hanya sebatas kewajaran dalam menjaga sejarah negara ini. Dimana, Bidar Alam merupakan daerah ibu kota negara Indonesia pada saat PDRI dan ini telah menjadi tanggung jawab bersama,” jelasnya.

Ketua KAN Bidar Alam, Hasril Dt Tamajelo mengungkapkan, selama ini museum dan tugu PDRI sedikit terabaikan. Namun berkat Kapolres Solok Selatan museum dan tugu PDRI tersebut dapat dilestarikan dan dijaga.

Masyarakat berharap kedepan dapat bersinergi dengan pihak kepolisian dalam berbagai hal termasuk menjaga aset sejarah sebagai tiang berdirinya negara ini. Karena tak dapat dipungkiri bahwa kota tempat bangunan ini berdiri pernah menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password