Polda Kepri Tenggelamkan 3 Kapal Bukti Kejahatan Ilegal Fishing

Tribratanews.polri.go.id – Batam. Kepala Kepolisian Perairan (Dirpolair) Polda Kepulauan Riau, Kombes Pol. Benyamin Sapta mengatakan jajarannya telah menenggelamkan tiga kapal nelayan yang diamankan saat menangkap ikan di perairan Indonesia, Senin (20/8/18).

Turut hadir dalam pemusnahan barang bukti ini KKP, Kajati Kepri, Danlanal Batam, Kepala Pangkalan PSDKP Batam, Staf Khusus Satgas 115, Danki Marinir, Kalapas Batam, serta instasi terkait lainnya.

Penenggelaman kapal dilakukan sebagai rangkaian operasi penindakan hukum yang dilakukan Polri maupun KKP terkait kasus illegal fishing.

Dalam sambutannya Dirpolair Polda Kepri mengatakan, kapal berbendera Vietnam dan Thailand ini kami tangkap di perairan Anambas dan Natuna sebelumnya perusahaan telah mengeluarkan banyak kapal di wilayah laut Indonesia. Dari jumlah itu, tiga sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

Ketiga unit kapal yang ditenggelamkan itu adalah KM KNF 7729, KM BV 5561 TS, dan KNF 7730. Sementara itu unit enam kapal lainnya masih dalam proses putusan persidangan.

“Penegakan hukum di laut itu demi mewujudkan kedaulatan bangsa Indonesia, baik secara ekonomi dalam doktrin poros maritim dunia. Kedaulatan maritim tidak bisa mengabaikan di mana salah melakukan dengan melakukan penegakan hukum terhadap tenaga ikan oleh kapal ikan asing,” tutup Dirpolair Polda Kepri.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password